Cara sukses mancing ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dengan spun dan minow

Cara mancing casting ikan tengiri, GT, tongkol, karas:

9. Kenali secara mendalam sifat dan karakter umpan palsu kita (know your lures)

Sudah jelas, seperti spotmancing.com tulis pada artikel tentang umpan buatan, bahwa setiap umpan memiliki karakter yang berbeda-beda. Misalnya umpan buatan tipe floating, dia memiliki titik buoyancy dekat di bagian belakang tubuhnya. Artinya ketika kita menghentikan retrieve sejenak, maka lure ini akan menjadi nungging di dalam air dan merangsang predator untuk menerkamnya. Umpan buatan yang lain mungkin akan menunjukkan aksi yang berbeda dengan speed yang berbeda, atau mungkin akan lebih berisik jika di-twitch dengan irama yang berbeda. Mengetahui hal ini semua akan sangat membantu kita memicu nafsu berburu sang target. Jadi, kenalilah lure kita!

Nah salah satu tips yang perlu Anda pahami ketika menggunakan spun atau minow tipe sinking di perairan laut selatan khususnya di Pacitan adalah bersabar untuk tidak segera melakukan retrieve atau menggulung senar sebelum umpan sampai dasar. Intinya, biarkan spun atau minnow tenggelam secara maksimal, barulah dilakukan retrieve.

Hanya saja, ini perlu dicatat, ada beberapa perairan yang dangkal karena ada tonjolan batu atau gunung karang di bawahnya. Jika kita menahan untuk tidak menggulung spun sesegera mungkin, ada kalanya umpan kita akan tersangkut karang.

Untuk itu, jika Anda belum hafal lokasi dan tidak membawa fishfinder atau deepsounder, sangat diharuskan untuk bertanya mengenai kondisi dasaran laut kepada tekong kapal. Pilihlah tekong yang berpengalaman dan tahu betul kondisi perairan di mana dia mengantar kita mancing.

Ini juga GT-GT Pacitan
Ini juga GT-GT Pacitan

Untuk patokan dasar, batu karang yang menonjol biasanya ada di spot-spot yang dekat dengan tebing atau juga batu mandi. Jika Anda melempar umpan ke titik-titik seperti itu, lakukan retrieve pada maksimal hitungan ke-10 setelah umpan menyentuh permukaan air laut.

Demikian tips untuk cara sukses mancing ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dengan spun dan minow, khususnya di perairan laut selatan.

1. Memainkan umpan buatan secara natural (natural presentation)
2. Berhenti sesaat dan lihat efeknya (pause and effect)
3. Gerakan umpan panik (nervous twitch)
4. Mengatur kecepatan (speed)
5. Umpan yang mudah didapat (an easy meal)
6. Umpan yang berisik (noisy lure)
7. Bangkitkan rasa ingin tahu ikan target (curiosity kill the fish)
8. Segera ubah cara retrieve gulung senar atau cara memainkan umpoan buatan (quick change up)
9. Kenali secara mendalam sifat dan karakter umpan palsu kita (know your lures)
10. Kembali ke awal artikel

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*