Cara sukses mancing ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dengan spun dan minow

Cara mancing casting ikan tengiri, GT, tongkol, karas:

1. Memainkan umpan buatan secara natural (natural presentation)

Secara teori, memainkan umpan buatan berbentuk hewan mangsa (baik bentuk ikan, udang, kodok dan sebagainya) sebagaimana gerak alamiah hewan yang kita tiru sebagai umpan adalah teknik dasar dalam bermain lure. Artinya, saat kita menarik umpan dan mennggulung senar (retrieve) harus berefek pada gerak alamiah mangsa ikan predator target mancing kita, baik itu dalam hal berenang, berlenggak-lenggok, dan bereaksi terhadap kehadiran predator.

Jika Anda melihat secara pasti ikan target sasaran mancing di titik tertentu, maka dalam hal melempar lure hendaknya tidak secara tepat jatuh di dekat ikan tersebut, apalagi melampaui ikan target dan menggulung lure berenang mendekati ikan target. Dalam dunia mangsa memangsa, benarlah apa yang ditulis Angin Timur, “mendekat” adalah tanda agresivitas, dan ini tidak akan pernah dilakukan oleh mangsa terhadap pemangsanya. Kecenderungan yang sering terjadi adalah mangsa akan menjauh/menghindar dari pemangsanya.

Dengan demikian, caara yang benar adalah melempar umpan relatif jauh di kiri/kanan ikan target tapi masih dalam jarak batas pandangannya lalu menggulung menjauhinya. Sistem gurat sisi/lateral line pada ikan dalam mode berburu akan sangat aktif dan sanggup mendeteksi gerakan-gerakan di sekitarnya.

cara mancing ikan GT, cara mancing ikan tengiri
Cara memainkan umpan sangat menentukan keberhasilan strike GT dan tengiri.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan dalam “natural presentation” adalah arus air. Casting melawan arus adalah tidak natural. Lebih dianjurkan agar Anda casting searah dengan arus (artinya, arah lemparan umpan adalah ke mana arus bergerak) atau memotong arus. Hal ini berlaku terutama ketika Anda casting di sungai, muara, dan laut.

Tim spotmancing.com selama ini dalam melempar spun atau minnow memang cenderung memilih ke arah ke mana arus air mengalir sehingga umpan akan bergerak melawan arus. Selain hal itu sesuai dengan sifat ikan yang akan bergerak melawan arus, bukan melayang mengikuti arus, hal itu juga menghindari umpan justru jatuh melayang terbawa arus dan berada di bawah posisi kita kalau kita berada di atas kapal misalnya.

Namun dalam kasus tertentu, tim spotmancing.com cenderung akan melempar searah arus jika berada di dekat spot di mana arus melaju kencang menuju ke tonjolan karang atau batu mandi. Sebab, biasanya ikan predator akan berada di dekat karang dan menghadap ke arah arus deras yang membawa ikan-ikan kecil.

Baca halaman selanjutnya:

1. Memainkan umpan buatan secara natural (natural presentation)
2. Berhenti sesaat dan lihat efeknya (pause and effect)
3. Gerakan umpan panik (nervous twitch)
4. Mengatur kecepatan (speed)
5. Umpan yang mudah didapat (an easy meal)
6. Umpan yang berisik (noisy lure)
7. Bangkitkan rasa ingin tahu ikan target (curiosity kill the fish)
8. Segera ubah cara retrieve gulung senar atau cara memainkan umpoan buatan (quick change up)
9. Kenali secara mendalam sifat dan karakter umpan palsu kita (know your lures)
10. Kembali ke awal artikel

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*