Cara sukses mancing ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dengan spun dan minow

Cara mancing casting ikan tengiri, GT, tongkol, karas: 

8. Segera ubah cara retrieve gulung senar atau cara memainkan umpoan buatan (quick change up)

Benar memang bahwa salah satu kelemahan umpan buatan adalah banyaknya spesies predator yang hanya memberi kita satu kesempatan emas untuk melempar sebelum sang ikan memutuskan untuk menolak umpan kita. Artinya ketika kita hanya berhasil memikat ikan untuk memberi perhatian pada lemparan pertama dan kedua kita, maka pada lemparan ketiga, keempat dan seterusnya, peluang untuk terjadinya strike dengan cara yang sama akan semakin kecil.

Dalam kenyataan lapangan di spot mancing perairan laut selatan dengan menggunakan perahu jukung di mana kita melakukan casting dengan perahu pada posisi menghanyut (flaoting/ drtifting/ rafting) maka hal itu sangat terasa. Sekali lemparan kita tepat di sasaran yang kita tuju, belum tentu pada lemparan kedua akan menarik perhatian ikan karena bukan tidak mungkin posisi kapal sudah tidak memungkinkan kita melempar umpan secara tepat ke sasaran yang dituju, khususnya ketika kondisi laut berangin atau arus terlalu kuat.

umpan mancing ikan tengiri
Kecepatan menentukan hasil.

Tetapi jika kapal kita memang bisa terus berada pada posisi awal, maka ketika kita melihat ikan mengikuti umpan kita dan menolak menyambarnya, jangan buru-buru melemparkan umpan kita lagi dan berharap si target akan tertipu kali ini.

Lakukan perubahan (change up) dan lakukan hal itu secara cepat (quick).

Benar adanya bahwa ikan punya ekor dan sirip, dia tidak akan diam saja di situ melihat orang bodoh melakukan hal yang sama berulang-ulang tapi mengharapkan hasil yang berbeda. Mengubah tipe, ukuran, dan warna lure adalah tindakan yang tepat yang mungkin bisa membangkitkan naluri berburu sang pemangsa. Kadang-kadang perubahan yang dimaksud tidak selalu harus berarti mengganti umpan. Hanya dengan merubah cara kita memainkan umpan buatan seperti yang telah dibicarakan sebelumnya pun tidak masalah, yang penting sang target benar-benar melihat sesuatu yang baru yang menggugah seleranya.

Baca halaman selanjutnya:

1. Memainkan umpan buatan secara natural (natural presentation)
2. Berhenti sesaat dan lihat efeknya (pause and effect)
3. Gerakan umpan panik (nervous twitch)
4. Mengatur kecepatan (speed)
5. Umpan yang mudah didapat (an easy meal)
6. Umpan yang berisik (noisy lure)
7. Bangkitkan rasa ingin tahu ikan target (curiosity kill the fish)
8. Segera ubah cara retrieve gulung senar atau cara memainkan umpoan buatan (quick change up)
9. Kenali secara mendalam sifat dan karakter umpan palsu kita (know your lures)
10. Kembali ke awal artikel

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*