Juara simpul pancing; eye crosser knot

Dari beberapa jenis ikatan yang menhubungkan antara leader dan hook, ikatan eye crosser cukup diunggulkan. Ikatan ini dipopulerkan oleh  North American Fishing – sebuah media televisi, yang dalam salah satu programnya, melakukan uji kekuatan antara satu ikatan dan ikatan lainnya. Dalam beberapa kesempatan, eye crosser knot memenangkan “pertarungan”, setelah bersaing dengan ikatan palamor, uni knot, ataupun trilen knot.

Ikatan eye crosser bisa diaplikasikan untuk line berjenis monofilament, fluorocarbon, ataupun braided. Simpul-simpul yang saling mengunci, membuat ikatan ini tahan terhadap beban berat dan menghentak, seperti aksi seekor predator tatkala hook up. Selain di perairan tawar, eye crosser juga sangat berfanfaat untuk mancing di laut.

Bagi angler yang pertama kali mengikat dengan ikatan ini, agak membingungkan. Hal ini karena terdapat beberapa langkah yang yang sulit untuk diingat. Namun seperti dikatakan Steve Pennas – sang anchor, setelah beberapa kali mencoba, akan mudah mengingatnya. Gambar di bawah ini menunjukkan langkah-langkah ikatan eye crosser

 

 

Eye crosser knot
Eye crosser knot

Untuk lebih jelasnya saksikan video tutorial eye crosser knot

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*