Teknik nggrandong; Berburu tenggiri ala nelayan Jepara

Mungkin bagi beberapa angler, istilah “nggrandong” asing bagi telinga. Tapi tidak bagi nelayan Jepara atau perairan Karimun Jawa. Teknik nggrandong yang unik tersebut adalah cara mancing handline yang digunakan untuk berburu tenggiri, terlebih saat musimnya tiba.

Metoda mancing ini sebenarnya hampir mirip dengan teknik dasaran yang selama ini kita ketahui. Perbedaannya ada pada rangkaiannya. Beberapa yang khas dari jalinan pancing tersebut adalah dengan digunakannya  bongkah batu sebagai pemberat, rangkaian 2-3 mata kail yang dijahit di badan ikan, dan kawat tembaga sebagai penyeimbang.

Dengan jalinan seperti itu, teknik nggrandong ditujukan untuk menyiasati arus perairan yang cukup kencang.  Jadi, selain efektif membuat umpan cepat sampai dasar, juga membuatnya terlihat seperti ikan Hidup.

Mancing tenggiri dengan rangkaian nggrandong ala nelayan Jepara
Mancing tenggiri dengan rangkaian nggrandong ala nelayan Jepara
Rangkaian Nggrandong ala nelayan Jepara
Rangkaian Nggrandong ala nelayan Jepara
Susunan kail Nggrandong
Susunan kail Nggrandong

Membuat rangkaian nggrandong dan teknik mancingnya :

  1. Gunakan ikan banyar (kembung) yang sudah mati sebagai umpan.
  2. Buat rangkaian 2-3 mata kail yang silih terhubung (saling berkait lewat lubang senar pada kail)
  3. Ikatkan rangkaian kail yang sudah saling terhubung tersebut dengan kawat tembaga. Panjangnya disesuaikan dengan besarnya umpan.
  4. Masukkan rangkaian di atas melalui mulut ikan banyar. Dorong dengan alat bantu (besi atau kayu). Gunanya untuk   mendorong masuk mata pancing sampai ke dalam perut umpan.
  5. Sisakan ujung tembaga diluar mulut ikan sebagai terminal penghubung rangkaian. Pastikan posisinya menghadap samping.
  6. Untuk bagian atas rangkaian, hubungkan umpan yang sudah jadi, dengan leader.  Sementara bagian bawahnya disambung dengan senar kecil sepanjang 5 meter (senar untuk mancing ikan nila). Di ujungnya,  ikatkan dengan batu pemberat. Bobot batu disesuaikan dengan kencangnya arus dan kekuatan senar.
  7. Saat memancing, hentak hentakkan senar dengan ujung jari. Tujuannya agar umpan terlihat hidup dan merangsang tenggiri untuk menyambar.
  8. Jika terasa ada tarikan perlawanan, tandanya terjadi strike. Saat itu, jangan buang waktu. Hentakkan line sekerasnya, agar senar penghubung pada batu pemberat putus, dan batu tertinggal di bawah.
  9. Angkat ikan dengan menggunakan tarikan tangan.

Baca juga artikel: Trik mancing tenggiri.

Cara sukses mancing ikan tenggiri, GT, tongkol, dan karas dengan spun dan minnow

Cara mancing ikan tenggiri

Selamat mencoba! (Om Hus)

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*