Cara mancing karangan , panduan lengkap

Cara mancing karangan

Apa yang terlintas di benak angler ketika mendengar kata mancing karangan alias rock fishing? tentunya sebuah olahraga mancing ekstrim dan penuh dengan resiko. Dibalik momok mengerikan tentang Rock Fishing, berburu ikan dengan teknik ini memiliki sensasi tersendiri apalagi bagi para pecinta olahraga yang memacu adrenalin.

Kali ini akan dikupas tuntas tentang cara mancing karangan bersama Venansius Gunadhi atau yang akrab disapa Gugun oleh rekan-rekannya. Gugun yang sudah 10 tahun menekuni Rock Fishing ternyata juga adalah ketua dari Jogja Rock Fishing Community (JRF ), sebuah komunitas pecinta Rock Fishing/mancing karangan di kota Jogjakarta. Yuk, langsung kita simak hasil wawancara kontributor spotmancing.com bersama Gugun dibawah ini.

cara mancing karanganVenancius Gunadhi

• APA ITU MANCING KARANGAN ?
Rock Fishing secara umum dikenal sebagai kegiatan memancing yang dilakukan diatas tebing karang.  Teknik dasar yang digunakan dalam mancing karangan hampir sama dengan teknik pemancing pada umumnya. Sedikit yang membedakan adalah rock fishing sangat sulit dilakukan secara individu karena membutuhkan kerja sama tim (minimal 3 orang) pada saat strike dan penjangkaran (proses menaikan ikan).

cara mancing karangan
cara mancing karangan

Kemudian mengingat medan mancing karangan yang sangat ekstrim seperti batu berlubang dan tajam, medan tidak rata dengan ketinggian 40-80 meter dari permukaan air, jadi tantangan tersendiri. Kesiapan mental, fisik yang prima harus dimiliki seorang pemancing karangan.

Mancing karangan sangat cocok untuk penyuka olahraga tantangan (kombinasi hiking, climbing ada pada kegiatan ini). Mancing karangan adalah olahraga yang  menantang, sekaligus sarana relaksasi dari kegiatan sehari hari yang begitu menguras pikiran dan tenaga. lokasi perairan yang indah, memberikan  keheningan tersendiri. Potensi sambaran ikan moster juga jadi daya pikat untuk salah satu niche sport fishing ini.

cara mancing karangan
Hiking dan climbing, siapkan fisik dan mental

Baca juga: landbase game fishing, biaya minim, hasil maksi

• RESIKO ROCK FISHING
Medan yang dipenuhi batu karang tajam menuntut kita harus extra hati hati.  Jika terjatuh diantara batu batu karang, jelas lukanya sangat menyakitkan. Memancing rock fishing kebanyakan dilakukan pada musim penghujan. Resiko terjatuh ke laut semakin besar karena spot mancing berlumpur tanah merah dan sangat licin. Kemudian untuk spot spot land base, risiko tersapu ombak sangat besar. Pengetahuan tentang spot, cuaca, gelombang pasang surut sangat penting, dan persiapan alat antisipasi keadaan darurat baik secara individu atau secara umum di lokasi menjadi keharusan.

cara mancing karangan
Medan yang ekstrim

Baca juga: Memaksimalkan jarak lemparan menggunakan reel spinning

• ALAT-ALAT YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PEMANCING KARANGAN
Joran
Untuk Rock Fishing lebih disarankan menggunakan rod/joran sambung 3 (telescopic tetap bisa digunakan) dengan Panjang 3.9 – 4.2 meter berbahan fiber, grafit atau carbon.

cara mancing karangan
joran mancing karangan

Reel
Size reel yang digunakan ukuran dari 5000 – keatas.
Line
Rock Fishing biasa menggunakan senar PE atau monofilament ( PE 5- 10 / 0.35 – 0.60 monofilament)

Hook/Mata Kail
Untuk mancing ikan kecil, bisa menggunakan ukuran 2-3/0.
Untuk target ikan besar bisa menggunakan 7/0 (kail 7/0 bisa digunakan sebagai kancing di mulut )ikan untuk umpan utuh gunakan mata kail yg berbahan stainless steel karena lebih tahan karat dan bisa digunakan lagi untuk trip selanjutnya.

Shock Leader
Untuk target ikan medium, bisa menggunakan leader 40-60 lbs.
Untuk target ikan besar, bisa memakai 80 lbs ke atas.
#catatan: mengapa memakai PE line leader dengan lbs besar?? Lbs sebesar apapun apabila bergesekan dengan karang seringkali putus. Untuk mengantisipasi dan berjaga jaga, sebaiknya menggunakan lbs besar karena kita berhadapan dengan medan yang penuh karang.

Timah pemberat/Timbel
Untuk target ikan kecil bisa menggunakan ukuran 60-80 gram
Untuk target utuhan bisa 100 gram keatas.
penggunaan bandul tetap disesuaikan dengan ukuran line, joran, dan kondisi arus laut di spot.

Jagrak
Jagrak /tempat dudukan joran dipakai agar mudah untuk menaruh joran. Lebih baik dan lebih aman daripada dimasukan di lubang karang. Berbahan stainless steel agar tidak cepat karatan. Jagrak juga mempunyai multi fungsi untuk memutus senar yang nyangkut, memukul oleng oleng/moa,  memukul ikan dan lain-lain. Panjang 70cm, diameter batang OD 22, sedangkan diameter untuk lobang dudukan joran OD 40-50.

cara mancing karangan
Jangkar dan jagrak

Jangkar
Fungsinya untuk menaikan ikan ke darat/atas tebing. Ada macam macam model jangkar :
Jangkar ganco mata 2, jangkar kurung, jangkar tombak mata 3, jangkar tunggal. Panjang jangkar diatas -+ 70 cm, besi as memakai od 22, mata jangkar besi 1,5 cm

Perlengkapan lain seperti head lamp, fospor, coolbox dan life jacket

Cara mancing karangan

UMPAN TERBAIK UNTUK MANCING KARANGAN
Umpan yang biasanya digunakan untuk memancing karangan adalah umpan segar seperti ikan kembung, tongkol, teropong/dencis, belanak, teri besar dan kuniran. Namun, umpan yang sepertinya harus ada dalam daftar adalah kapurito/gurita. Umpan ini salah satu yang paling favorit dan paling dicari pemancing karangan karena jenis ikan apapun sangat menyukai gurita. Terlepas dari semua itu, masing masing pemancing memiliki kegemaran dan semacam sugesti tersendiri untuk umpan mana yang paling disukai ikan.

cara mancing karangan
Kapurito / gurita

Untuk spot land base dengan teknik casting atau popping penggunaan soft lure, minnow dan popper masih menjadi andalan pemancing dengan teknik ini.

SARAN UNTUK PARA ANGLER YANG INGIN MENEKUNI/MEMULAI ROCK FISHING
Selama ini mancing karangan identik dengan aktifitas ekstrim dan bahaya. Betul demikian adanya, akan tetapi dengan persiapan fisik, mental, pengetahuan, penguasaan teknik yang baik dan disiplin pada aturan  yang ada sangat diperlukan untuk mengurangi kesalahan resiko fatal selama memancing.

Bergabung dengan komunitas yang memang fokus pada hal tersebut dan yang paling penting tentunya belajar lebih pada saat praktek dilapangan dengan rekan rekan yang sudah lebih dulu menguasai teknik mancing karangan. Disamping itu, untuk menghilangkan stigma menakutkan pada rock fishing, tentunya informasi, edukasi, mengenai segala hal tentang rock fishing beserta penyediaan alat antisipasi dini kondisi darurat baik secara individu atau bersama wajib untuk digalakkan dan dikampanyekan.

Simak video cara mancing karangan di bawah ini

Spot mancing karangan Gunung Kidul Jogyakarta

Cara mancing karangan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*