Spot rock fishing di Jogja dan sekitarnya

Rock fishing atau lebih dikenal sebagai mancing karangan merupakan salah satu model mancing yang mulai naik daun saat ini. Mancing karangan disukai para pemancing di sebagian besar pinggiran pantai selatan Pulau Jawa yang di sana banyak terdapat tebing-tebing karang yang curam.

Membentang dari ujung barat mulai dari Banten hingga ujung timur yaitu Situbondo, pantai selatan Jawa memang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai spot olahraga mancing yang satu ini.
Titik spot yang mulai saat ini adalah seputaran kota Jogja ke timur hingga Pacitan Jawa Timur. Karena akses jalan yang semakin terbuka dalam arti adanya jalur aspal yang dibangun pemerintah sepanjang pantai selatan sangat membantu para karanganers untuk mencapai spot yang akan dituju.

Menurut sodara Sonny Mardjoekie dalam wawancara melalui facebook spot Rock Fishing seputar Jogja antara lain pantai Gesirat, Ngerenean, Gerindan, Baron, Gesing, Wedi Ombo,Paranggupito dan spot-spot lainnya sepanjang laut selatan Gunung Kidul sampe Pacitan. Dengan peralatan joran minimal 4,2 m akan lebih nyaman ketika melempar dari ketinggian tebing. Reel yang biasa digunakan oleh teman-teman dari Jogja biasa pake minimal ukuran 8000, bahkan ada yg pakai ujuran 16.000, agar bisa memuat banyak untuk senar PE ukuran 8. Dengan spek joran tipe kaku akan lebih kuat untuk menarik ikan dari ketinggian dan melawan arus ombak pantai selatan. Peralatan pendukung lainnya jangkar atau gancu digunakan untuk mengangkat ikan dari bawah ke atas tebing, karena ketinggian tebing diatas 10m.

Salah satu komunitas Rock Fishing yang aktif melakukan mancing karangan adalah komunitas “Karanganers” yang digawangi oleh Eyang Tris. Jika anda tertari bisa menghubungi sodara Sonny Mardjoekie 081227792266 maupun bergabung dengan bergabung di komunitas “Karanganers”. Rock Fishing…Nyali saja engga cukup.

 

spot mancing rockfishing di Yogyakarta
Memacu adrenalin dan kesabaran
spot mancing ikan karangan Yogyakarta
Si kecil pun tak mau kalah
Spot rock fishing karang sebelah timur pantai Ngrenean
Spot rock fishing karang sebelah timur pantai Ngrenean
Spot rock fishing di Laut Selatan
Om Sonny in action
spot mancing Yogyakarta
Tak lelah menunggu
spot mancing ikan di Yogyakarta

Sandi Indra dengan baby bluefin trevally
Sport mancing karangan di Yogya
Eyang Tris dari Karanganers
Spot mancing karang
Komunitas Karanganers Jogja

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*