X

Tips jitu mancing ikan nila paling manjur

Tips jitu mancing ikan nila Kali ini kami akan berbagi tips jitu mancing ikan Nila. Ya ikan Nila yang merupakan satu dari banyak ikan konsumsi air tawar ini mempunyai banyak penggemar di tanah air. Nilai ekonomis ikan ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Penyebarannya yang merata hampir di seluruh wilayah perairan Indonesia membuat ikan Nila wajib menjadi satu dari banyak ikan favorit untuk dipancing.

tips jitu mancing ikan nila

Spotmancing.com kali ini cukup beruntung karena Bang Hans – seorang Angler asal Lampung yang sudah 23 tahun menggeluti dunia mancing Nila, bersedia berbagi Tips dan Trik agar sukses strike ikan Nila. Apa saja tips dan triknya, yuk kita simak langsung di bawah ini :

1 Gunakan kail garongan

Ada 2 cara memasang umpan pada kail garongan. Biasanya jumlah mata kail yg menentukan. Untuk jumlah mata kail 3, Umumnya para pemancing kocolan menautkan Lumut tepat pada penyanggah utama mata kail sehingga lumut /pelet menutupi sebagian kail. Sedangkan untuk mata kail 6 – 7 umumnya lumut ditautkan pada kenur dengan rentang jarak 12cm dari lubang ikat mata kail. Bisa diikat dengan karet guna memudahkan mengatur jarak antara lumut dan mata kail. Untuk pancing garongan dua jenis umpan yang biasa dipakai adalah Lumut dan pellet.

2 Pilih lumut sebagai umpan utama

Lumut yg baik tentu yang diperoleh dari tempat yang kaya oksigen. Lokasi tumbuhnya lumut di air beraliran deras atau air yang terus bergerak seperti pantai dan tempat terbuka secara langsung terkena sinar mata hari. Lumut yang hidup perairan ini  akan tampak lebih terang bertekstur kasar juntai memanjang serta sehat.

Cara memasang umpan lumut pada kail tunggal adalah memutar kail hingga lumut menggimpal memanjang. Hal ini diyakini lebih disukai dan metode efektif agar sukses menaikkan ikan Nila ke permukaan.

Baca juga: Joran cenilan, cara ampun mendaratkan nila babon

Sementara untuk kail garongan  kita butuh sumpit atau dua batang lidi guna menautkan lumut dengan cara menggulung kedua lidi diwadah air yg berisi lumut agar dapat membuatnya memanjang pada mata garongan.

3 Perhatikan waktu memancing

Pemahaman yang kurang tentang waktu memancing ikan Nila biasanya merupakan faktor utama keboncosan seorang angler. Ikan Nila biasa makan lumut di sore hari menjelang terbenamnya matahari terkecuali jenis Nila yang sengaja dibudidayakan karena sudah terbiasa diberi pakan pellet.

Sebenarnya Ikan dapat makan pagi siang, sore bahkan malam hari dikala lapar. Karena rasa lapar itu akan keluar dari kebiasaannya makan, sehingga ia berpencar guna menutupi rasa laparnya.

Ikan nila yang masih muda hidup berkelompok. Namun setelah dewasa Ia akan menjalani kehidupan secara individual – meskipun juga terkadang sesekali bersama koloninya. Nah yang kita bahas adalah memancing garongan dengan mata kail ganda dengan target ikan berkelompok.

Ikan nila muda hidup berkelompok

Nila muda yang berkelompok, memilih waktu makan bergantung kebiasaan alam – dimana terik matahari yang memicu pertumbuhan lumut disekitar habitatnya memuncak pada kisaran jelang terbenamnya matahari. Saat itulah ikan nila bergerombol keluar guna makan lumut baru.

4. Gunakan pellet untuk memancing waktu mancing siang hari.

Untuk jenis nila dewasa lebih cendrung mencari makan dikala lapar karena tidak lagi bergantung makan dari lumut. Waktu yang efektif dengan umpan lumut pagi hari dan sore hari. Untuk siang hari coba umpan alternatif seperti pelet dan cacing.

 

5 Berikan campuran bubuk vanila pada lumut dan pellet

Cobalah merendam umpan lumut yang telah dicampur bubuk vanili. Menurut pengalaman Bang Hans, resep ini lebih disukai ikan Nila. Begitu juga dengan umpan alternative pellet, bisa juga diberikan campuran bubuk vanili untuk meningkatkan rating strike.

vanila bubuk

Komposisi vanili bubuk yang biasa Bang Hans terapkan 1 bungkus untuk 1 liter air rendaman lumut. Bila dibalur pelet sepertiga dari 1 bungkus vanili bubuk. Untuk semangkuk pelet. Isi 1 bungkus vanili hampir rata-rata sekitar 1/2 gram dengan harga 500 rupiah/bungkusnya.

5 Gunakan rampai dan buah seri sebagai umpan alternatif

Menurut Bang Hans, 70% ikan air tawar memakan umbian dedaunan termasuk rampai dan buah seri yang digemari ikan Gurame. Tak jarang ikan Nila juga menggemarinya. Jadi cobalah menggunakan 2 alternatif umpan tersebut selain lumut dan pelet.

Buah seri dan sayuran bisa jadi umpan alteratif buat mancing nila

Untuk memancing dengan umpan daun ataupun buah rampai/seri yang menggunakan mata kail tunggal, Biasanya sebelum memancing Bang Hans akan meremas daun pepaya diarea yang akan di pancing dan kemudian menebar disatu area yang memungkinkan ada ikan nilanya.

Cara mengaitkan umpan daun pada mata kail tidak sulit. Cukup gunting ujung daun pepaya mengarah kebagian dalam. Yang harus diperhatikan adalah alur ruas daun lunak disesuaikan dengan mata kail yang hendak dipakai memancing.

Tips jitu mancing ikan nila

6 Tentukan area sedikit terbuka saat menentukan spot

Spot yang baik untuk mancing ikan nila bagi pemula di alam liar seperti rawa dan danau adalah dengan mengenali area yang sedikit lebih terbuka dibagian permukaan airnya, yang biasanya terdapat  lumut lebih baik dipermukaan yang terbuka dan langsung berhadapan dengan sinar matahari.

7 Penggunaan kumbulan/ pelampung

Fungsi pelampung pada teknik kocolon (garongan) tentu berbeda dengan fungsi pelampung pada umumnya. Kita dapat mengenalinya dari posisi tegak lurus segaris pada pelampung teknik kocolan yang fungsinya menyeimbangkan sekaligus membatasi jarak main kedalaman. Intinya pelampung cukup penting karena selain sebagai alat indikator hook up, juga sebagai penyeimbang dan peredam getaran joran yang lentur sehingga ikan nyaman berkumpul.

Nah bagi para angler yang masih penasaran dengan sensasi tarikan ikan Nila, barangkali tips-tips dari Bang Hans di atas bisa angler terapkan di spot mancing Nila di tempat angler berdomisili. Di akhir wawancara Bang Hang mengingatkan agar mancing dengan bertanggung jawab, bawa pulang ikan secukupnya dan rilis kembali ikan yang masih kecil demi kelangsungan habitat ikan Nila agar bisa kita pancing terus dikemudian hari. Ok, Selamat ngomset Nila, he.he…

Saksikan video di bawah ini: tips jitu mancing ikan nila

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri merupakan salah satu spot mancing ikan nila terbaik di Jawa Tengah

Tips jitu mancing ikan nila

Ilham Anas:
Terkait