Spot Mancing Tawes di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

g1g2Tawes (Barbonymus gonionotus Bleeker, 1850) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae. Ikan ini merupakan salah satu jenis yang penting dan populer dikembangkan dalam akuakultur sebagai ikan konsumsi. Secara alami tawes menyebar luas di Indocina dan kepulauan Sunda[2]. Telah dibudidayakan di kolam-kolam setidaknya semenjak abad ke-19, tawes juga diintroduksi ke pulau-pulau lain; misalnya ke Sulawesi[2]. Sementara, menurut catatan FAO, ikan ini juga diintroduksi ke Filipina (1956) dan ke India (1972)[3].
Nama-nama lainnya, di antaranya lawak, lalawak (Mly.); turub hawu (Sd.); dan tawes, badir (Jw.)[4]. Ada juga yang menyebutnya lampam jawa. Dalam bahasa Inggris, ikan ini dinamai Java Barb, Silver Barb, atau juga Tawes. (wikipedia)
Salah satu spot mancing ikan jenis ini adalah waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri. Lokasi Waduk yang relatif dekat dengan pusat kota Wonogiri memberikan alternatif hiburan bagi masyarakat sekitar maupun pendatang dari luar kota. Sambil menikmati pemandangan perbukitan dan wisata air kita dapa memancing tawes dari sisi pinggir waduk. Dengan joran teleskopik maupun tegeg dan jenis rangkaian pancing gombyok ( beberapa kail dijadikan satu) untuk umpan pelet maupun BR (pakan ayam) sangat menarik dicoba.
Selain tawes pun kadang kita dapat jackpot dengan mendapatkan ikan-ikan lain seperti hampala,gabus,baung/sogo yang memangsa tawes ketika kita terlalu lama membiarkan joran.
Strike tawes relatif lebih cepat karena begitu banyak ikan ini terdapat di waduk Gajah Mungkur. Setiap 10 menit dipastikan akan mendapatkan sambaran ikan ini. Jika tertarik mencoba ada baiknya anda memilih waktu di pagi hari. Jika anda berencana mancing ketika hari minggu atau hari libur nasional pastikan anda datang lebih awal supaya mendapatkan tempat sesuai keinginan karena dipastikan banyak sekali pemancing yang turun ketika hari minggu maupun hari libur nasional. Bagi pemancing luar kota pun banyak disediakan losmen maupun hotel kelas melati di sekitar lokasi untuk sekedar beristirahat maupun menginap. Untuk makan dan minum tidak perlu khawatir karena disetiap lokasi spot dipastikan ada warung-warung makan bertebaran. Selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*