Olah Raga Mancing; Tubuh Sehat, Kualitas Hidup Meningkat

father-son-fishing
foto: www.houstonboatshows.com

Sebelumnya, mari kita sepakati tentang wajibnya berolah raga. Lewat olah tubuh yang teratur, kita tidak hanya akan mendapatkan kesehatan, namun kualitas hidup akan meningkat.

Dari sekian banyak cabang olah raga, memancing yang tergolong ke dalam kategori fun sport, sangat dianjurkan sebagai sarana olah tubuh dan rekreasi. Jadi, selain tubuh yang sehat, aktifitas ini juga merupakan sarana terapi kejiwaan yang cukup efektif.

Mengutip dari Wide Open Spaces, memancing memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. individu dapat merasakan aura baik untuk kesehatan tubuh. Di bawah ini penjabarannya:

1. Latihan fisik
Memancing merupakan salah satu kegiatan fisik atau olahraga besar. Untuk memancing, angler harus mengarungi sungai bahkan laut dan melemparkan alat-alat beserta umpan selama berjam-jam untuk mendapat strike yang diinginkan.
Berlama-lama di atas perahu dan merasakan terik matahari memang tidak akan membuat tubuh kehilangan berat badan. Namun manfaat untuk tubuh ialah meningkatkan secara menyeluruh kesehatan jantung manusia.

2. Bermanfaat untuk otot dan sendi
Gerakan kecil terhadap tumpuan pada lutut kaki bahkan saat mendaki curamnya sungai, membuat lutut memperoleh gerakan-gerakan yang berdampak menguatkan sendi-sendiri pada kaki.

3. Relaksasi
Memancing benar-benar mampu menenangkan pikiran. Berada di tengah alam lepas dan jauh dari alat teknologi seperti komputer dan ponsel membuat otak rileks dan fokus terhadap aktivitas memancing.
Terlebih paparan sinar matahari akan membuat reaksi vitamin D pada tubuh berproses dengan sempurna.

4. Melatih motorik
Dengan memancing tubuh akan terlibat beberapa gerakan, terutama untuk individu berusia lanjut. Memancing memberikan beberapa keterampilan motorik halus akan semakin tajam lebih lama.

Tak hanya itu, otot-otot yang tak pernah digunakan akan mengalami pergerakan dan latihan kecil saat memancing, terutama pada bagian lengan dan punggung.

Nah, kurang hebat apalagi olah raga yang kita gemari ini? Selain kesehatan dan kebahagiaan, ketika sampai di rumah, kita pun membawa oleh-oleh berupa ikan segar  yang bergizi untuk istri dan buah hati tercinta. Kualitas hidup yang meningkat, bukan!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*