Kabar bagus nih! Laut Nusantara, Aplikasi Baru Mudahkan Mancing Ikan di Laut

Wah,..ada kabar bagus buat angler Indonesia! Balai Riset dan Observasi Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) bekerja sama dengan salah satu penyedia layanan komunikasi nasional, membuat aplikasi berbasis Android bernama “Laut Nusantara”.

 

Seperti disarikan dari Kompas.com, informasi yang diunggah oleh KKP melalui akun Twitter @kkpgoid, aplikasi ini berisi berbagai macam fitur yang memudahkan aktivitas mencari ikan di lautan.

Terdapat enam fitur utama di dalam aplikasi ini: Pesisir, Perairan, Laut Lepas, Kelautan, Hitung BBM, dan Tangkapan. Dalam fitur Pesisir, pengguna dapat mengetahui di mana saja posisi ikan yang potensial untuk ditangkap. Titik-titik lokasi itu digambarkan dengan checkpoint bergambar ikan.

Kemudian, pengguna dapat mengetahui kecepatan angin dan tinggi gelombang dengan membuka fitur Kelautan.

Fitur Hitung BBM memungkinkan nelayan mengetahui seberapa banyak bahan bakar yang diperlukan untuk melakukan pelayaran dengan jenis mesin, kecepatan, dan jarak tertentu.

 

Adapun fitur Tangkapan menunjukkan harga berbagai jenis ikan hasil tangkapan di berbagai pelabuhan

Data-data yang terdapat dalam aplikasi didapat dari dari Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) juga up to date dan berdasarkan riset dan observasi laut di seluruh wilayah nusantara. Semua informasi kelautan yang terdapat dalam Aplikasi Laut Nusantara ini didapat secara langsung dari stasiun bumi BROL, sehingga tidak diragukan keakuratannya. Updating data dilakukan setiap tiga hari berdasarkan data dari satelit khusus.

Aplikasi ini dapat diunduh di semua ponsel berbasis Android dengan mudah. Cukup masuk ke Google PlayStore dan mengetik Laut Nusantara. Tidak dibutuhkan kapasitas ruang penyimpanan yang besar, karena ukuran dari aplikasi ini yang relatif ringan, yakni 4,4 MB.

Selain itu, aplikasi yang mulai bisa digunakan pada 30 Agustus lalu ini, dapat diakses di mana saja selama gawai masih terkoneksi dengan jaringan internet.

 

Di salah satu twitnya, KKP menuliskan pengalaman seorang nelayan asal Perancak, Jembrana, Bali yang biasa mencari ikan di kawasan perairan Tabanan, mengalami peningkatan hasil tangkapan. Sebelumnya ia biasa mendapatkan 5-10 kg ikan, setelah menggunakan aplikasi Lautan Nusantara hasil tangkapannya melonjak hingga 2 kali lipat mencapai 20 kg dalam sekali pelayaran.

Waa asyik ya…yuk ah angler coba di download aplikasinya. Buatan dalam negeri lho!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*