Lure Killer dari Pipa Bekas

Umpan pancing tak selalu harus mahal. Banyak benda-benda di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan dengan kreatifitas tanpa batas. Mulai dari gagang sapu, sendal bekas, potongan kayu hingga sendok di dapur pun bisa dijadikan artificial lure. Seperti yang dilakukan youtuber bernama Luis Ruiz berikut ini.  Ia memanfaatkan pipa paralon menjadi  sebuah umpan topwater.  Langkah pembuatannya mudah dengan alat dan bahan yang bisa kita temui di perkakas rumah tangga. Simak tutorial berikut:

Pertama- tama siapkan bahan berupa pipa paralon bekas ukuran ½ inci atau yang lebih kecil. Alat-alat yang perlu disiapkan adalah spidol, gergaji besi, lem (epoxy atau lem super), cat, sekrup pengait bulat ukuran kecil (biasa untuk gantungan kunci), penggaris, obeng, split ring, treble hook.

Potong pipa PVC  dengan panjang sesuai ukuran umpan yang diinginkan. Salah satu ujung dipotong sedikit miring (sekitar 450) untuk dijadikan kepala lure, bagian lancip kita gunakan sebagai bagian atas. Tandai dengan garis lurus memanjang menggunakan spidol dan penggaris pada bagian bawah potongan pipa. Lubangi bagian tengah dan belakang sejajar garis dengan menggunakan obeng (usahakan ukurannya sedikit lebih kecil dibanding sekrup). Jangan lupa melubangi di bagian kepala ( ujung lancip) untuk mengaitkan snap atau mengikatkan senar pancing.  Lubang tersebut selanjutnya dimasukkan sekrup pengait. Jika sudah pas dan terpasang, pengait diberi lem dan biarkan hingga mengering.

Bagian tengah pipa bisa dibiarkan bolong namun lebih baik lagi jika diisi dengan steroform atau bahan lainnya yang bersifat mengambang di permukaan air. Umpan yang sudah setengah jadi ini selanjutnya dicat menggunakan cat tahan air sesuai warna yang kita sukai. Setelah selesai dan cat mengering, pasang split ring serta treble hook di sekrup bagian bawah umpan. Taraa! DIY PVC pipe lure sudah jadi dan siap tes action. Sangat mudah bukan?

Selain dijadikan topwater lure ternyata pipa juga bisa diubah menjadi umpan dalam. Kali ini seorang angler asal luar bernama Mr.Hulot berbagi tutorial membuat umpan tiruan berbahan pipa besi. Potongan pipa besi bekas bisa kita dapatkan di tukang las, bengkel , dan tempat lain untuk menghemat biaya.  Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah bor bermata kecil, amplas halus, palu, baut, kawat stainless, treble hook, split ring dan cat.

Pipa dipotong salah satu bagian dengan sudut 450 untuk kepala. Bagian ekor dipipihkan sedikit menggunkan palu kemudian diamplas hingga mengkilap. Lubangi  bagian kepala untuk memasukkan baut dan ekor untuk memasang mata kail. Cat bagian luar dengan kreasi sendiri serta lapisi menggunakan clear bagian luar dan dalam untuk melindungi dari karat. Pasang split ring serta mata kail dan umpan siap bermain di air laut. Lure Handmade ini bisa digunakan untuk jigging, trolling , maupun castjig. Jangan lupa cuci umpannya tiap selesai trip air asin untuk menghindari karat.

 

DIY lure selanjutnya bisa dibilang yang termudah untuk dibuat. Tutorial ini datang dari Om Pieter B. Mathiesen dari fieldandstream.com.  Alat dan bahan yang diperlukan adalah pipa besi, amplas halus, bor, split ring, treble hook dan mata palsu (tersedia di toko kerajinan tangan).

Sama seperti 2 umpan buatan sebelumnya, pipa dipotong miring 450. Amplas bekas potongan agar tidak tajam. Lubangi bagian atas depan ( lancip ) dan bagian bawah belakang potongan.  Amplas bekas bor hingga halus. Pasang split ring di bolongan dan tambahkan treble hook di bagian belakang. Pasang mata palsu menggunakan lem super pada bagian depan/kepala lure. Setelah lem kering, Lure Handmade siap diajak uncal. Jika ingin tahan karat lapisi dengan clear bagian dalam dan luar.

Pipe Lure by Peter B. Mathiesen, Sumber Gambar: www.fieldandstream.com
Pipe Lure by Peter B. Mathiesen, Sumber Gambar: www.fieldandstream.com

Umpan berbahan pipa terakhir ini sudah lama terkenal di eropa dan amerika akan keampuhannya. Copper Pipe Jig atau umpan jigging berbahan pipa tembaga ini cara membuatnya juga cukup mudah.  Om Rob Endsley melalui situs theoutdoorline.com berbagi tutorialnya. Bahan pipa tembaga bisa menggunakan bekas AC atau kulkas rusak sepanjang 9 inci, cotter pin/ pin pasak sepanjang 1 inci, split ring, swivel, treble hook dan skirt.

Pipa dipipihkan pada salah satu ujung yang nantinya digunakan sebagai bagian atas, lubangi dengan bor. 4 inci dari bagian atas juga dilubang dan dipasang cotter pin, Ujungnya dilengkungkan agar tidak lepas. Pasang swivel di bagian atas, split ring dan treble hook pada pin pasak.  Lilitkan skirt dengan rapi dan ikat kuat pada hook, copper pipe jig siap digunakan.

Copper Pipe Jig by Rob Endsley, Sumber Gambar: www.theoutdoorline.com
Copper Pipe Jig by Rob Endsley, Sumber Gambar: www.theoutdoorline.com

Untuk menambah daya tarik, umpan-umpan di atas bisa kita kreasikan dengan melapisinya menggunakan kertas glowing di bagian luar. Sesuaikan besar mata kail, split ring, swivel dan aksesoris lainnya dengan besar dan panjangnya pipa yang kita gunakan. Umpan dalam bisa ditambah pemberat. Jangan lupa lakukan uji coba dan tes action sebelum pergi uncal.

Masih banyak sekali benda- benda tak  terpakai di sekeliling kita yang dapat di-recycle menjadi bermanfaat – lure salah satunya. Jadilah angler yang kreatif, inovatif dan imajinatif. Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*