5 Brand Penyedia Custom Part Reel Terbaik

Jika mendengar kata modifikasi, hal pertama yang muncul di benak kita tertuju kepada kendaraan bermotor.  Mulai dari bentuk, tune up mesin hingga tambahan aksesori dilakukan untuk meningkatkan nilai estetika serta performa tunggangan. Lantas apa hubungannya dengan dunia mancing? Inilah hal menarik yang akan kita bahas.

Layaknya kendaraan bermotor, teknologi alat pancing juga telah berkembang pesat  terutama teknologi  penggulung senar atau yang lebih kita kenal dengan nama reel. Baik itu baitcasting reel maupun spinning reel seakan telah mencapai posisi puncaknya, sampai-sampai ada pabrikan yang telah membenamkan chip komputer dalam  salah satu jenis alat pancing ini. Meskipun begitu, banyak angler yang masih belum cukup puas dengan performa reel yang dimilikinya.

Seperti kata pepatah dimana ada gula di situ ada semut, peluang manis ini tercium oleh orang-orang inovatif dan kreatif dengan pertanyaan “kenapa tidak kita buat custom part khusus reel?”.  Akhirnya orang-orang tersebut menjawab pertanyaan ini dengan melahirkan brand-brand penyedia aksesori-aksesori modifikasi reel yang bisa dibilang cukup bahkan sangat terkenal di industri mancing. Yuk, kita kenalan dengan mereka.

  1. ZPI
website : https://www.zpi-japan.com
website : https://www.zpi-japan.com

Bermarkas di Suzuka, Jepang -yang terkenal akan pusatnya motorsports. Pabrikan ini memang dulunya adalah produsen penyedia custom part khusus sepedamotor balap.  Memasuki industri mancing di tahun 2000, ZPI memulai debutnya dengan memproduksi suku cadang reel standar saja. Hingga kemudian, dengan inovasinya pabrikan ini tercatat sebagai pencipta spool berbahan magnesium alloy dan handle karbon pertama di dunia. Meskipun telah memasuki industri mancing, jiwa racing tetapmenjadi konsep brand yang berslogan the impact of lighting ini ditambah mantan president officenya yang memang seorang pembalap, Tsuyoshi Kato.

 

Hingga kini,sudah tak terhitung lagi jumlah custom part khusus reel yang diproduksi. Mulai dari baut/mur, handle, spool, bearing hingga reel oil berteknologi nano particle. Tak perlu diragukan lagi akan keseriusan mereka di industri mancing. Beberapa pabrikan besar alat pancingpun telah menjalin  kerjasama dengan ZPI seperti Shimano, Daiwa dan Abu garcia. Bisa dibilang saat ini ZPI adalah brand produsen custom part reel terbesar.

  1. Hedgehog Studio
Website : https://www.hedgehog-studio.co.jp
Website : https://www.hedgehog-studio.co.jp

Merek satu ini jika dilihat sepintas dari situs webnya memang sangat besar dibanding ZPI. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya Hedgehog studio lebih pantas disebut sebagai distributor custom part reel terbesar dan terlengkap meskipun ada beberapa part yang mereka produksi sendiri. Menariknya, brand yang bermaskot landak ini memiliki fitur panduan custom part dari berbagai produsen yang cocok untuk reel yang kita miliki di situs webnya. Jadi kita tak perlu bingung saat memilih dan memilah custom part yang diinginkan. Ada puluhan brand yang bergabung di situs Hedgehog Studio. Jika ingin mengunjungi webnya, angler bisa mengetikan link ini: https://www.hedgehog-studio.co.jp di kolom pencarian.

  1. Sport Life Planets (SLP) Work
Website : http://slp-works.com
Website : http://slp-works.com

Berdiri sejak 2008 dan merupakan layanan purna jual dari brand Daiwa. SLP Work tidak hanya menyediakan custom part, namun mereka juga melayani perbaikan, perawatan , hingga  tune-up reel  kesayangan anda. Brand yang bermarkas di Tokyo ini memiliki pelayanan unik. SLP Work juga menawarkan pengecatan by request, jadi kita bisa memilih sendiri warna yang kita inginkan.

Tune up juga bervariasi, para angler bisa menaikkan atau menurunkan rasio putaran gulungan pancing, meningkatkan performa sistem pengereman sesuai teknik yang diminati, meningkatkan kekuatan drag dan masih banyak lagi penawaran lainnya.

Di tempat ini alat kustomisasi dan aksesori  pun terbilang lengkap – hingga dress up atau modifikasi full untuk berbagai jenis reel tersedia. Kita juga bisa memesan suku cadang asli reel-reel tua yang telah discontinue. Sayangnya, SLP Work hanya menyediakan layanan untuk merek Daiwa saja.

 

  1. Bait & Tackle Karil
Website: http://www.karil.co.jp/ktf/
Website: http://www.karil.co.jp/ktf/

Mendengar namanya mungkin para angler akan mengernyitkan dahi. Brand ini memang tak sebesar pabrikan di atas,namun di luar negeri seperti Singapura nama KTF (Karil tuned factory) cukup terkenal. Bermarkas di danau Kawaguchi, orang pasti akan mengira brand ini adalah toko pancing biasa. Menjalin kerjasama dengan salah satu pemancing bass profesional di Jepang, Yukihiro Sawamura  akhirnya Bait & Tackle Karil fishing store membentuk KTF. Dengan filosofi  tune up untuk kenikmatan dalam memancing ikan bass, KTF memproduksi custom part yang mempermudah penggunaan reel serta memiliki tampilan yang menawan. Paket dress up atau custom part lengkap adalah produk terlarisnya.

  1. Avail
Website: http://www.avail.jp/shop
Website: http://www.avail.jp/shop

Avail fishing tool merupakan produsen yang terkenal dengan microcast spool-nya. Spool berbahan duralumin setipis kertas ini diklaim mampu melesatkan umpan-umpan ringan dengan jauh. Bobotnya juga sangat enteng, rata-rata di bawah 10 gram. Uniknya, brand satu ini juga memproduksi  magnetic brake untuk reel baitcasting dengan rem standar sentrifugal. Jadi, jika kita memiliki baitcasting reel dengan sistem pengereman sentrifugal dapat menggantinya dengan system brake magnetic dari  Avail yang dinamai microcast brake. Kelebihannya, sistem pengereman ini sudah disesuaikan dengan putaran microcast spool sehingga semakin nyaman saat melempar lure-lure ringan.

Selain brand di atas, masih ada beberapa yang cukup terkenal seperti Livre, rajanya handle reel. Ray’s Studio, custom part harga terjangkau, yumeya, studio composite dan lain-lain. Meskipun bermarkas di Jepang dan rata-rata webnya berhuruf kanji, Untuk mendapatkan produk-produk dari merek-merek di atas tidaklah terlalu sulit. Banyak sekali saat ini penjual online yang menerima jasa pre order barang terutama alat pancing dari Jepang. Bahkan ada yang menawarkan jasa langsung  jadi (pemesanan,pembayaran hingga pengiriman) dan kita hanya perlu membayar total biaya  dan tunggu barang datang. Gampang bukan? Tapi jangan lupa informasikan jenis part dan merek yang diinginkan ya. Berikut contact person jasa pemesanannya:

1. Rico Ahmada

WA : 0823-9404-0222

FB : http://Facebook.com/ricoa14

2. Tio Doddy

WA : +81-70-4213-7020

FB: https://www.facebook.com/TioFishHunter

3. Titip Jepang

WA: +62 811-2555-313

FB: https://m.facebook.com/titipjepang

Selamat memodifikasi reel kesayangan anda, Salam ngacir!

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*