All From Castinger for Castinger – HUT Ke-7 Snake Head Hunter Gabusmania (SH2G)

Tak terasa sudah tujuh tahun komunitas Snake Head Hunter Gabusmania (SH2G) berdiri. Dihari jadinya yang ketujuh itu, mereka menggelar helatan akbar dengan dihadiri 800 orang peserta. Disampaikan langsung oleh Komandan SH2G Om Sudargo Hartono, bahwa HUT SH2G kali ini dihadiri oleh 45 komunitas dengan total peserta 800 orang.

Partsisipan yang hadir terdiri dari 650 castinger/angler dan 150 orang undangan, sponsor, aparat dan tokoh masyarakat. Peserta datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Palembang, Jambi, Lampung, Bandung, Jabar dan Sekitarnya, Banjar Patroman, Pangandaran, dan pastinya castinger Jabodetabek. ”

Turut hadir pula pembina utama, Om Achmadi NA, dan ketua Forcasi Om Wiwim Kusworo. Tak lupa tamu kehormatan lain seperti aparat terkait, pejabat setempat serta warga sekitar yang turut meramaikan acara.

Ada yang unik dari temanya, From Castinger to Castinger. ”Secara umum acara ini kita para castinger SH2G adakan memang diperuntukkan bagi seluruh castinger yang ada di indonesia tanpa mencari keuntungan apapun, sehingga sesuai dengan motto kami “Lets Join and Have Fun With Us!’. Ungkap Om Dargo makna dibalik tema acara.

ketua SH2G, Om Dargo dan Pak Achmadi NA
ketua SH2G, Om Dargo dan Pak Achmadi NA
Om Wiwin Kusworo mendapat kehormatan menerima potongan tumpeng
Om Wiwin Kusworo mendapat kehormatan menerima potongan tumpeng

Meskipun peserta yang datang membludak, panitia telah mempersiapkan tempat dengan matang. Sebanyak 14 tenda besar, 2 wisma AC, 30 kamar mandi dan pendukung lainnya sehingga acara bisa berjalan lancar. “Tidak ada kendala yang berarti. Alhamdulillah semua dapat kami atasi, mulai dari perizinan, warga setempat dapat kami kondisikan mengingat Situ Gintung merupakan area umum yang perlu pengawasan agar peserta dan masyarakat yang ingin beraktifitas di wilayah tersebut sama-sama nyaman.” Jelas pak Komandan.

Suasana perkampungan tenda
Suasana perkampungan tenda

Situ gintung sendiri dipilih sebagai tempat perayaan HUT SH2G karena areanya memadai.”Kami open peserta tanpa batas karena area memadai,nyaman serta terkondisi dengan baik. Hasil lomba juga cukup menjanjikan dengan volume strike lumayan tinggi.” Ungkap Pak Komandan. Volume strike yang tinggi tersebut melahirkan juara-juara dengan tangkapan berukuran di atas rata-rata. Mereka adalah:

Juara 1
Nama : Ucup
Tim : Gamakichi (Bandung)
Size : 53 cm
Species : Gabus (channa striata)

Juara 2 
Nama : Yogi
Tim : MLI(Banjar)
Size : 49 cm
Species : Gabus (channa striata)

Juara 3
Nama : Buluk
Tim : 4Kompag (Tangsel)
Size : 42 cm
Species : Gabus (channa striata)

Untuk para juara ini, panitia menyiapkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp. 6000.000 untuk juara pertama, Rp 3.750.000 untuk pemenang kedua, dan Rp. 2.500.000 untuk posisi ketiga.

Even berlangsung selama dua hari, selain lomba mancing banyak sekali agenda menarik lainnya yang dipersiapkan  panitia agar peserta tetap semangat. Fun game, lomba ketangkasan, ngopi bareng, doorprise adalah sedikit dari sekian banyak agenda menarik lainnya.

Keseruan game dalam even
Keseruan game dalam even

Para pemenang lomba
Para pemenang lomba

Diadakan pula sesi pelepasan benih ikan konsumsi sebagai bentuk kepedulian sosial SH2G terhadap lingkungan sekitar. Sebelum acara ditutup, Pembina –pembina SH2G berpesan,” Tetap jaga kebersamaan dan silaturahmi tanpa batas dengan siapapun.’” Tak ketinggalan Pak Komandan Sudargo juga menyampaikan,” No Dongo No Planga Plongo, berpikirlah bahwa dunia castinger hanya sebuah dunia hiburan, sarana refreshing yang tidak perlu dikaitkan dengan hal lain yang menimbulkan gesekan sehobi, jaga solidaritas dan kebersamaan, tetap tertawadan masuk sorga. Lets joint & have fun with SH2G. Untuk SH2G saya berharap makin kental adat kekeluargaan, kebersamaan dan persaudaraannya. Tetap satu Jargon yaitu mancing sebagai hiburan, sama rata sama rasa, kompak solid dalam segala hal positif baik interen maupun eksteren.”

Tebar benih ikan konsumsi-
Tebar benih ikan konsumsi-

Gamakichi, tim asal Bandung yang meraih juara 1 melalui salah satu pentolannya Om Agus Gunawan mengungkapkan,”Alhamdulillah, berkat even SH2G kawan-kawan bisa kenal sama castinger lain dan tambah pengalaman serta jamuan dari SH2G sangat memuaskan”.

Grup mancing dengan nama terbilang unik ini sebenarnya belum lama dibentuk, dan ini merupakan even pertama yang mereka ikuti.”Tadinya anak-anak suka ngumpul , suka nonton anime juga, ada yang jago bikin lure. Nah, saat ngumpul itu kita jadi kepikiran punya ide untuk bikin grup dengan nama gamakichi, kebetulan kita punya spot mancing gabus di daerah Cikijing jadi kita satuin aja idenya jadi (Gabungan Mancing Cikijing)/ Gamakichi. Grup baru dibentuk, anggota sudah 30 orang. Pas ada even ini anak-anak ngotot pengen ikutan, kita daftarin dengan perwakilan 11 orang, dan Alhamdulillah Juara.” Jelas Om Agus.

Tim Gamakichi asal Garut-Jabar
Tim Gamakichi asal Garut-Jabar

Om Agus mengaku tidak ada firasat sama sekali Gamakichi bakalan naik podium.”Kita berangkat ga ada persiapan sama sekali, bikin SF sama Spinner aja di perkemahan. Lucunya pas mau berangkat kita janji kumpul di satu tempat , ada yang muter-muter karena gak tau jalan di Bandung namun tetap ngotot ngumpul di satu tempat, hehehe. Jauh dari harapan buat juara soalnya kita tim paling sedikit ikut even. Kita niat ikut even buat cari pengalaman dan silaturahmi sesama angler yang datang dari jauh.” Ungkap Om Agus.

Bagi Om Agus sesi foto bersama adalah yang paling berkesan. Namun ada sesi lain dengan kejadian lucu yang selalu teringat olehnya. “Kejadian unik dan lucu pas pembagian doorprise. Teman baru tidur, trus yang bagiin ngumumin nomornya dapat hadiah. Dianya langsung bangun dengan kondisi setengah sadar gak tau mau jalan kemana, hahaha,” Ungkapnya lucu. Beliau juga mewakili Tim Gamakichi menyampaikan,” Terimakasih banyak buat kawan-kawan SH2G yang udah ngadain acara ini. Terimakasih buat para castinger yang hadir yang telah mau berbagi pengalaman, selalu solid dan kompak buat semua castinger senusantara!”

Sesi foto bersama
Sesi foto bersama

 

Selamat ulang tahun SH2G yang ke-7, semoga seruan “From Castinger to Castinger” maknanya bisa menggema ke seluruh komunitas mancing yang ada di Indonesia. Lets joint & have fun with SH2G!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*