6 Tips Sehat Agar Tetap Uncal Saat Berpuasa

Tak terasa telah memasuki hari ke-13 di bulan Ramadhan. Banyak angler memilih gantung tackle agar lebih  fokus beribadah. Ada juga yang sudah mulai gemetaran dan gatal tangannya untuk segera uncal.
Memang tak bisa dipungkiri, rasa lapar dan dahaga menjadi halangan bagi anglerangler muslim yang tengah menjalankan puasa. Padahal ada banyak cara agar tetap bisa mancing tanpa menghalangi ibadah 1 tahun sekali tersebut. Untuk itu spotmancing.com akan berbagi informasi mengenai tips-tips mancing saat berpuasa.
1. Makan Sahur yang Cukup dan Bergizi

Gambar : www.irishtimes.com
Gambar : www.irishtimes.com

Sahur dengan cukup, kenapa? karena saat menjalankan aktifitas nantinya apalagi kalau mancing akan membutuhkan energi yang cukup banyak, jadi usahakan sahurnya yang bergizi . Perbanyak konsumsi makanan berserat dan bervitamin seperti buah dan sayur. Kurangi makanan yang asin, serta hindari kopi karena cepat membuat haus. Konsumsi protein yang cukup seperti telur. Jangan lupa minum air putih yang cukup.

2. Memilih Waktu Tepat

Gambar: www.wallpapercave.com
Gambar: www.wallpapercave.com

Memancing saat teriknya panas dan di tempat terbuka sangat tidak disarankan bagi yang berpuasa. Pilihlah waktu memancing seperti berikut:

Subuh
Salah satu waktu terbaik mancing saat puasa adalah setelah shalat shubuh sekitar jam 05.00 – 07.00. Matahari masih belum terik, udara masih sejuk dan ikan-ikan mulai keluar mencari makan. Tenaga yang kita punya juga masih fit, namun jangan terlalu bersemangat sehingga banyak menguras tenaga. Hal ini akan berdampak pada kondisi tubuh beberapa jam kedepan.

Sore
Angler yang harus segera bersiap berangkat kerja setelah subuh atau ada keperluan lainnya bisa memilih waktu sore sebagai alternatif. Ngabuburit sambil mancing benar-benar bisa jadi kegiatan mengasyikkan sambil menunggu waktu berbuka. Pilihlah waktu setelah sholat ashar sekitar pukul 03.00-05.00.

Malam Hari
Night fishing bisa jadi pilihan terakhir bagi yang tidak punya waktu luang siang hari. Kondisi tenaga yang telah kembali pulih, suasana yang adem, juga bisa dijadikan waktu bersantai bersama sahabat saat menunggu waktu sahur. Namun jangan lupa, mancing malam punya segudang resiko, keselamatan tetap harus diutamakan.

Setelah Hujan
Sengaja kami masukkan waktu setelah hujan disini karena tak terikat mau pagi, siang, atau sore suasana sejuk setelah hujan reda bisa jadi alternatif yang pas. Ikan-ikan predator pun akan lebih agresif dan banyak yang berburu mangsa diwaktu ini. serangga-serangga yang jatuh ke permukaan air akibat hujan serta keluarnya hewan amfibi seperti kodok yang merupakan mangsa empuk bagi spesies ikan seperti gabus dan toman akan semakin meningkatkan potensi strike. Apalagi jika menggunakan teknik casting, waktu setelah hujan adalah pilihan terbaik.

3. Teknik yang Digunakan
Teknik yang tidak terlalu menguras tenaga seperti bottom fishing atau dasaran adalah pilihan terbaik. Cukup cari spot potensial, pasang umpan, lempar dan tunggu. Kalaupun hasrat tidak terbendung lagi, khususnya yang doyan casting sebaiknya durasi mancingnya yang dikurangi. Maksimal 1 jam dengan cast padat ( lemparan dan strike sering) atau 2 jam maksimal dengan cast jarang (lemparan sedikit).

4. Spot

Mancing Galatama
Mancing Galatama

Spot memancing merupakan salah satu bagian terpenting. Pilihlah spot yang dekat dengan tempat tinggal, tempat duduk yang nyaman, danau atau sungai yang dikelilingi pepohonan yang rindang atau bagi yang ngotot harus mancing sepanjang hari, kolam pemancingan galatama solusinya. Khusus mancing laut tidak begitu disarankan karena membutuhkan waktu dan persiapan yang cukup lama, apalagi kondisi laut kita saat ini yang sedang tidak bersahabat. Inshore atau mancing di tepian pantai, di dermaga atau muara bisa jadi tempat yang tepat jika tetap ingin mancing di saltwater. Namun perhatikan juga kondisi spot, usahakan ada tempat berteduh atau beristirahat agar puasa tetap lancar.

5. Jangan Lupa Ibadah Lainnya

Foto oleh Adith76 (www.flickr.com)
Foto oleh Adith76 (www.flickr.com)

Bulan ramadhan penuh berkah, tiap amalan diberi ganjaran berlipat dibanding bulan lainnya. Alangkah afdhalnya jika saat memancing diisi dengan ibadah. Apalagi bagi yang memancing galatama ataupun dasaran di tepian danau dan sungai. Sambil menunggu umpan disambar bisa diisi dengan tilawah. khusus yang spotnya jauh, perlengkapan sholatnya jangan lupa dibawa.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian dengan bahan yang sejuk, nyaman serta menyerap keringat sangat disarankan. Pakaian seperti ini dapat menghalau panas terik sinar matahari langsung ke kulit sehingga dehidrasi berlebih dapat dihindari. Jangan menggunakan pakaian yang berat seperti jeans dan jangan pula pakaian yang ketat.

Selain yang telah dipaparkan diatas, tips lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak keluarga dan sahabat uncal bareng. Bagaimanapun, mancing sendiri gak asik bro. Bisa juga ditambah dengan kegiatan amal bersama komunitas mancing masing-masing seperti berbagi takjil bahkan buka bersama anak yatim/anak jalanan. Yang paling penting jangan bawa takjil pas uncal ya!. Karena liat kotak nasi di sebelah box lure itu berat, kamu gak akan kuat!

sekian tips-tips yang bisa kami jabarkan, semoga bermanfaat dan semoga kita tetap diberi kekuatan untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini dengan khusyuk. Wassalammualaikum!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*