11 Tips Mancing Fresh Water Untuk Angler Pemula

tips mancing fresh water

Memancing secara luas adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang secara umum merupakan pekerjaan atau hobi seseorang yang masih berkaitan dengan olahraga luar ruang (outdoor). Aktifitas memancing ini bisa dilakukan di pinggir hingga ke tengah laut, danau, sungai dan perairan lainnya.

Pada tulisan kali ini, spotmancing.com akan memberikan 11 tips- tips mancing Fresh Water kepada para pembaca. Berikut ulasannya :

1. Mencari informasi detail tentang spot

Kenali dulu lingkungan di sekitar spot fresh water yang akan angler kunjungi, seperti kondisi terakhir sungai, danau ataupun rawa nya.

2. Alat transportasi mancing

Ketika memancing menggunakan perahu atau sampan, pastikan kondisinya sudah baik dan aman, sehingga angler pun terhindar dari kejadian yang tak diinginkan.

Gunakan perahu yang aman (water.drom.ru)

3. Memilih alas kaki terbaik

Saat memancing di pinggiran spot (landbase) disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman bahkan tahan air, seperti sepatu booth. Hal ini untuk menghindari kaki angler dari gigitan serangga bahkan ular.

4. Hindari memancing sendirian

Usahakan, ketika angler hendak menuju spot yang dipilih, ajaklah rekan ataupun kerabat lainnya walaupun hanya sekedar menemani.

5. Informasi terkini seputar cuaca patut dikedepankan

Perubahan cuaca terkadang tak bisa di prediksi. Bila kondisi cuaca tiba-tiba mendung hingga terjadi hujan disertai petir, segera lah cari tempat berlindung yang aman.

Baca juga artikel:  Video tutorial, Easy snell knot tying, untuk pemburu predator fresh water

6. Siapkan alat pancing beserta umpannya

Alat pancing dan umpan menjadi senjata utamanya. Ketika kegiatan memancing telah dilakukan, usahakan untuk melempar lure sebaik mungkin, sehingga tepat sasaran. Saat angler mulai melempar umpan ke spot, perhatikan pula orang disekitar kita, agar tali pancing serta kailnya tak mengenai bagian tubuh  angler lain yang ada di sekitar kita.

7. Perbekalan

Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup, seperti minuman dan makanan, agar angler terhindar dari rasa haus dan lapar. Tubuh yang sudah terisi makanan dan minuman akan mendukung konsentrasi angler saat memancing.

8. Parkir kendaraan di lokasi aman

Angler yang membawa kendaraan, baik itu mobil maupun motor, untuk menyimpan kendaraannya di lokasi yang aman, salah satunya dengan menitipkan ke warga setempat, atau diusahakan jangan terlalu jauh dari lokasi anda memancing.

9. Kostum

Gunakan kostum mancing yang terbaik. Disarankan untuk memakai kaos lengan panjang dan penutup muka berbahan lembut dan nyaman dipakai, agar terhindar dari sengatan matahari. 

Buff. berguna untuk melindungi wajah kita dari sengatan matahari

tips mancing fresh water

Baca juga artikel: Tips jitu memperlakukan ikan hasil mancing, salt water dan fresh water (oleh: Adi Wisaksono)

10. Gunakan Life Jacket

Life jacket (Jaket penolong) berbentuk seperti pakaian. Jaket penolong berfungsi membuat angler terapung diwaktu berlangsung kondisi darurat. Jaket penolong pula mesti mempunyai warna yg mencolok supaya jelas di lihat. Jaket ini mesti di lengkapi bersama peluit yg dikaitkan bersama tali utk menarik perhatian penolong.

11. Menjaga Perilaku dan Tutur Kata

Hindari bahasa ataupun ucapan-ucapan yang tak etis ketika tiba di lokasi pemancingan. Prilaku serta tutur kata yang sopan, menjadi hal yang paling utama, apalagi angler sedang berkunjung ke wilayah/daerah orang lain. Tak ada salahnya, jika angler memperkenalkan diri kepada penduduk setempat.

Demikian penjelasan tentang 11 tips memancing di spot Fresh Water. Mudah-mudahan, tulisan yang kami angkat ini sangat berguna dan bermanfaat bagi angler.

tips mancing fresh water

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*