Catat tanggalnya! 3 even mancing berskala Internasional segera digelar di Maluku Utara

Provinsi Maluku utara memang terkenal dengan potensi baharinya. Demi mempromosikan limpahan kekayaan alam tersebut – melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), sepanjang tahun 2017 ini bakal menggelar tiga lomba mancing di tiga kabupaten berbeda.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Maluku Utara, Buyung Rajilun, mengungkapkan di tiga daerah dilaksanakan lomba mancing di perairan yang memiliki wisata pantai eksotis.

Lomba pancing dimulai 18-20 Mei 2017 di Halmahera Timur, 27-29 Juli 2017 di Pulau Morotai dan event Widi International Fishing Tournament (WIFT) yang bakal berlangsung 25-29 Oktober 2017 di Halmahera Selatan.

Provinsi Maluku utara
Provinsi Maluku utara

“Kita harapkan wisata mancing menjadi destinasi wisata, kalau Maluku Utara kita dorong wisata pantai snorkeling atau wisata sejarah kita kalah dengan daerah lain,” kata Buyung -seperti dikutip dari okezone.com.

Khusus WIFT, Pemprov telah bekerja sama dengan komunitas Rumah Mancing untuk memperebutkan piala presiden. Bahkan pesertanya tidak hanya dalam negeri tetapi sampai manca negara.

3 even akbar melibatkan angler dari mancanegara
3 even akbar melibatkan angler dari mancanegara

“Yang sudah pastikan bakal ikut itu dari Singapura, Malaysia, Thailan, Filipina, Australia, Jepang dan Amerika Serikat jadi tujuh negara yang nyatakan siap ikut,” terang Buyung.

Pelaksanaan lomba di pulau Widi karena spot tersebut memiliki keindahan alam sangat indah, bahkan terumbu karang yang bagus dan mempunyai ikan-ikan yang menjadi target para pemancing.

“Widi itu sarangnya Tuna Gigi Anjing (dogtooth tuna) itu yang dicari oleh pemancing, di Widi cukup banyak potensinya,” cetusnya.

Untuk persiapan, panitia telah menyediakan 50 unit kapal Inka Mina yang dimiliki para nelayan di Maluku Utara serta kapal nelayan lokal yang ada di Halmahera Selatan.

“Kita akan gerakkan ribuan kapal untuk mendukung kegiatan bertaraf internasional ini dengan kelas yang berbeda-beda pula,” ungkapnya.

Perairan Maluku utara kaya dengan potensi doogtooth
Perairan Maluku utara kaya dengan potensi doogtooth

Bahkan hadir pula, asosiasi olaraga pancing dunia International Game Fish Association (IGFA), agar menggagas event internasiola yang sesuai standar, karena membutuhkan sarana prasarana seperti kapal pancing khusus serta pola penangkapan harus diatur untuk memenuhi standar internasional.

Bagi angler yang ingin ambil bagian, bisa mendaftar via online melalui Rumah Mancing. Event yang bakal dihadiri ribuan peserta ini direncanakan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*