Kano Jigging karya Made James; Si kecil penantang babon

Inovatif! Itulah satu kata yang terluncur saat mendapati jigging kano karya I Made Agus Suputra. Demi efisiensi dan efektifitas, angler asal Jembrana- Bali ini memodifikasi kano miliknya menjadi biduk fiber bermotor. Rencananya kayak tersebut akan digunakan sebagai kendaraan memancing di perairan selatan, tempat Made biasa menyalurkan hobinya.

Menurut lelaki yang kerap disapa Made James tersebut, kano jigging buatannya ini punya beberapa keunggulan. Dengan mesin Yamaha berkekuatan 5 PK, kendaraan air ini mampu melaju secepat jukung besar yang punya kekuatan mesin 15 PK, atau setara 18 km/jam.

kano jigging karya Made James
kano jigging karya Made James
Made James
Made James

“ Ini lincah kalau di samudra, manuvernya asyik,” tutur Made, yang sekali waktu pernah membawa kayak bermotor ini sejauh 10 kilometer dari daratan. “Satu lagi, kalo mancing jigging pakai kano ini, terasa benar sport fishing nya, hehe…” tambahnya.

Soal daya tahan bobotnya, biduk yang menghabiskan biaya hampir 22 juta tersebut sanggup menahan beban 200 kilogram. Artinya – jika hanya mancing sendiri, kayak ini mampu menahan tarikan ikan babon, maksimal 100 kilogram. Cukup lumayan kan!

Ketika memancing di lautan – karena bobot yang ringan, kayak fiber ini mudah diayun-ayun gelombang. Karena itu, angler yang tergabung dalam komunitas Jigger Holick ini menalikan semua barang yang dibawa. Mulai dari joran, jerigen, hingga alas kaki, diikat kuat agar tak tercampak ke laut lepas. “Jadi aman kalau sekali waktu diterjang ombak ekstrim,” sahut Made.

Nah untuk keseimbangan – seperti umumnya perahu cadik khas Bali, Made juga memancangkan sepasang katir di bagian kanan dan kiri kano. Lewat pipa paralon 8 inchi – sepanjang 75 cm, jadilah kayak fiber berukuran 380 cm X 83 cm ini stabil dan tangkas di lautan bebas.

Hingga kini kano jigging buatan Made terus menjalani penyempurnaan. Saat tulisan ini dibuat, Ayah satu anak itu tengah giat mengatur ulang tingkat kemiringan mesin dan menyetel spuyernya.

Wah,  kayak modifikasi bikinan Bli Made ini menarik juga buat dicoba, yah ! Selain efektif dan efisien buat mancing jigging,  juga bakal lebih terasa sport fishingnya. Yah,…jadi pengen nyobain kano nya, he he…

baju mancing, kaos mancing, kaos mancing mania, tshirt mancing mania lengan panjang, kaos mancing mania lengan panjang, kaos mancing mania terbaru

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*