Teknik rangkaian pancing ajib; membuat umpan tahan hidup lebih lama

Seperti kita ketahui bersama bahwa mancing ngoncer adalah cara mancing dengan menggunakan ikan atau udang hidup sebagai umpan (live bait).

ada banyak jenis ikan atau udang yang digunakan, seperti selar, tembang, layang, como, kembung, sangir, bahkan baby barracuda (alu-alu). Umpan hidup dibiarkan berenang sesukanya agar menarik perhatian predator.

Baca artikel Teknik mancing: Dasaran, nyobok, jigging, popping, trolling, nyeplek dll

Namun rangkaian mancing ngoncer umumnya membuat live bait yang kita pasang lekas sekali mati. Penyebabnya adalah beban berat yang menariknya, akibat tertahan oleh senar utama dan beratnya timah.

Namun pada gambar di bawah ini diperlihatkan satu bentuk rangkaian tali pancing yang membuat umpan, akan tahan hidup lama. Keutamaan rangkaian ini terletak dari digunakannya snap atau peniti yang membuat umpan bebas bergerak sesukanya tanpa merasa tertahan tarikan timah atau senar utama.

Rangkaian pancing agar umpan hidup lebih lama
Rangkaian pancing agar umpan hidup lebih lama -foto budalmancing.com

Langkah pertama membuat rangkaian ini adalah dengan memasang terlebih dahulu snap atau peniti pada senar utama. Di ujung tali utama tersebut kemudian dipasangi swivel, yang tersambung lagi dengan senar  sepanjang 1 meter.  Dipenghujung senar lalu dipasangi timah pemberat. Pada snap yang telah terpasang, diikatkan juga senar, yang telah dipasangi kail pancing

Khusus untuk mancing ngoncer dengan target predator bergigi tajam, akan jauh lebih aman jija dibelakang kail terpasang pula kawat necklin. Tujuannya apalagi jika bukan agar tahan gigitan.

Baca juga artikel Cara mengikat dan jenis-jenis ikatan pancing dan sambungan senar

Untuk menggunakan rangkaian ini saat memancing, yang pertama kali dilempar adalah senar dengan timah pemberatnya. Saat melempar, posisi live bait kita pegang. Kemudian, saat timah tiba di dasar, barulah ikan atau udang yang sudah dikaitkan pada kail tersebut diluncurkan ke air.

Dengan cara ini, live bait akan bergerak lincah kesemua arah, dan merangsang predator untuk menerkamnya. Selain itu yang tak kalah pentingnya, ikan akan tahan hidup lebih lama. Mancing ngoncer jadi lebih hemat dan efektif.

Namun demikian, setiap model rangkaian pancing pastilah punya kelebihan dan kekurangan. Dalam rangkaian ngoncer dengan snap ini, kelemahannya adalah terlambatnya respon angler saat ada tarikan. Ini terjadi, karena angler tak sadar jika ikan sebenarnya sudah hook up.

Karena itu konsentrasi saat mancing dan melatih kepekaan ketika ada sedikit tarikan perlu dikembangkan, sehingga hook up sukses menjadi strike. Selamat mencoba!

jual kaos mancing, jersey shimano, jersey kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania terbaru, kaos fishing, baju mancing, baju mancing lengan panjang, kaos spotmancing apparel, jersey mancing mania, baju mancing mania lengan panjang

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*