5 Ikan Raksasa yang pernah ditangkap dengan memancing

Jika bicara angler tingkat dunia memang seru. Cukup banyak cerita sukses yang bikin mulut kita terngaga. Dalam sejarahnya, olahraga ini sudah menghasilkan rekor-rekor tangkapan gila. Baik untuk area lautan maupun freshwater. Melihat ukurannya sendiri akan membuat kita kaget, terlebih lagi ikan-ikan monster ini memang hanya ditangkap dengan pancing saja. Penasaran dengan deretan tangkapan besar tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Atlantic Bluefin Tuna Terbesar 680 Kilogram

Lautan memang tempatnya monster-monster berada. Ungkapan ini tak cuma dikhususkan untuk paus atau hiu saja, tapi juga ikan-ikan konsumsi seperti tuna. Nah, rekor terbesar untuk ikan tuna ini pernah ditorehkan oleh Ken Fraser pada 26 Oktober 1979. Ukuran yang berhasil dinaikkannya sendiri kurang lebih 1.496 pounds atau 680 kilogram. Kalau disejajarkan, ikan ini tingginya hampir dua kali lipat Fraser! Wow!

Bluefin tuna adalah salah satu ikan yang paling susah dipancing berdasarkan pengalaman para Angler. Dilihat dari bentuk tubuhnya yang mirip torpedo, jelas ikan ini mampu melesat bagai roket di dalam air. Makin besar ukurannya, tentu makin susah memancingnya karena ototnya yang tentu lebih kuat. Fraser sendiri berhasil menaikkan sang monster tuna ini selama 45 menit penuh. Ya, rasa bangganya memang tak karuan ketika berhasil menaikkan ikan besar seperti ini. Sampai-sampai Fraser bikin buku yang menceritakan aksi kerennya bersama sang tuna super besar ini.

Baca juga artikel: Strike tuna? Coba nih penggunaan drone ala Australia

Blue fin tuna terbesar yang pernah didaratkan, 680 kilogram
Blue fin tuna terbesar yang pernah didaratkan, 680 kilogram

2. Atlantic Blue Marlin Terbesar 636 Kilogram

Ada satu jenis ikan yang bisa dibilang primadona. Mendapatkannya akan mampu memunculkan rasa bangga yang luar biasa, apalagi jika ukurannya sangat besar. Yup, ikan yang dimaksud adalah Marlin. Tentu ada alasannya kenapa ikan ini jadi favorit, bahkan wujudnya sering dipakai sebagai simbol atau logo banyak klub memancing di dunia. Tengok saja bentuk tubuhnya yang sangat anggun itu. Memanjang dengan mulut runcingnya yang khas. Belum lagi padanan warna tubuhnya yang membuat ikan ini makin sempurna.

Tak hanya cantik, Marlin juga sangat agresif dan pantang untuk dikalahkan. Nah, ikan rekor tangkapan ikan Marlin terbesar ini adalah 1.402 pounds atau sekitar 636 kilogram. Pemancingnya adalah Paulo Amorim yang berhasil menaikkan ikan ini hampir selama 80 menit! Ikan yang ditangkap di perairan Brasil tersebut berhasil mengalahkan rekor sebelumnya dengan selisih 120 pounds atau setara dengan 54,4 kilogram. Uniknya lagi, hampir jarang sekali menemui ikan ini dalam ukuran kecil. Menjadikannya tantangan seru saat mancing. Sehingga muncul anggapan jika Marlin ini hanya khusus pemancing yang sudah pro saja.

Hingga kini belum ada yang mampu memecahkan rekor Paolo Amorim asal Brasil. Dengan tangkapan blue marlin seberat 635 kilogram, angler ini membutuhkan waktu 80 menit.
Hingga kini belum ada yang mampu memecahkan rekor Paolo Amorim asal Brasil. Saat strike blue marlin seberat 636 kilogram itu, angler ini membutuhkan waktu tak kurang dari 80 menit.

jual kaos mancing, jersey shimano, jersey kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania terbaru, kaos fishing, baju mancing, baju mancing lengan panjang, kaos spotmancing apparel, jersey mancing mania, baju mancing mania lengan panjang

3. Swordfish Terbesar 536 Kilogram

Dilihat dari fisiknya, Swordfish punya kesamaan dengan Marlin. Hanya saja seperti namanya, ikan ini punya moncong yang lancip mirip dengan pedang. Serta yang jadi pembeda lain dari Marlin, ikan yang di Indonesia disebut ikan pedang ini, punya sirip punggung dan bawah yang lebih panjang. Soal tarikan? Sama buasnya seperti sang ikan primadona! Swordfish tubuhnya didesain seperti jadi Lamborghini-nya lautan, alias perenang handal. Jadi bisa dibayangkan bagaimana rasanya bertarung dengan ikan.

Swordfish terbesar pernah ditangkap oleh Lou Marron, pemancing gaek asal Chile. Tangkapannya di tahun 1953 ini bobotnya mencapai 1.182 pounds atau setara 536 kilogram. Hingga saat ini belum pernah ada yang mampu memecahkan rekor Swordfish terbesar, terutama yang dipancing menggunakan joran. Uniknya lagi, ikan pedang ini sekarang diawetkan untuk dipajang di Game Fish Association Fishing Hall of Fame di Miami.

Inilah ikan swordfish terbesar pernah dipancing oleh Lou Marron pada tahun 1953. Beratnya mencapai 536 kilogram
Inilah ikan swordfish terbesar pernah dipancing oleh Lou Marron pada tahun 1953. Beratnya mencapai 536 kilogram

4. Ikan Lele Terbesar 293 Kilogram

Mari tanyakan diri kita seberapa sering mancing lele, dan seberapa besar rekor ikan lele yang pernah didaratkan? Mungkin tidak pernah bakal mengalahkan yang satu ini, mungkin selamanya. Bagaimana tidak, rekor lele terbesar yang berhasil ditangkap adalah 646 pounds atau sekitar 293 kilogram. Panjangnya sendiri hampir satu setengah orang dewasa!

ikan ini berhasil landed alias ditangkap pada tanggal 1 Mei 2005 lalu oleh seorang nelayan Thailand di perairan setempat. Ikan lele Mekong ini memang terkenal dengan ukurannya yang besar walaupun kini keberadaannya terancam punah. Kini pemancing dunia pun juga tak ketinggalan untuk menikmati sensasi tarikan sang ikan raksasa ini untuk kemudian dilepas lagi. Walaupun para angler sering menangkap ikan ini, namun belum pernah benar-benar ada rekor baru untuk ikan lele Mekong.

Baca juga: Ditemukan, lele monster pemangsa manusia

Seorang nelayang Thailand sukses mendaratkan lele raksasa seberat 293 kilogram
Seorang nelayang Thailand sukses mendaratkan lele raksasa seberat 293 kilogram

5. Alligator Gar Paling Besar 104 Kilogram

Pernah mendengar ikan bernama Alligator Gar? Seperti namanya, ikan ini fisiknya memanjang seperti buaya dan bahkan punya bentuk mulut serta deretan gigi tajam yang sama. Ikan ini berhabitat di Amerika Utara hingga Tengah. Soal perlawanan ketika ditangkap? Hampir seagresif ketika memancing buaya sungguhan. Sensasinya luar biasa!

Rekor untuk tangkapan Alligator Gar terbesar adalah milik John Paul Morris yang menangkap ikan ini di sebuah perairan di Texas. Beratnya sendiri mencapai 230 pounds alias 104 kilogram. Ya, lagi-lagi belum pernah ada rekor lain yang mengalahkan milik Morris walaupun banyak pemancing dunia yang sudah menangkapi ikan sepupu dekat buaya ini.

Rekor untuk tangkapan Alligator Gar terbesar adalah milik John Paul Morris asal Amerika, dengan bobot sekitar 104 kilogram
Rekor untuk tangkapan Alligator Gar terbesar adalah milik John Paul Morris asal Amerika, dengan bobot sekitar 104 kilogram

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*