9 TIPS ANTI MABUK LAUT

mabuk-laut
Mabuk laut (kailpancing.com)

Dalam beberapa kesempatan lalu, SPOTMANCING.COM mengulas tentang kiat mengatasi mabuk laut, kondisi yang membuat tubuh ini benar-benar terasa tak nyaman. Karena itu kali ini redaksi SPOTMANCING.COM kembali membahasnya agar kita terhindar dari pengalaman tak mengenakkan ini.

Jangankan buat angler pemula, bagi pemancing berpengalaman sekalipun mabuk laut tetap jadi momok yang mengkhawatirkan. Lambung terasa mual, kepala pusing, dan mata berkunang-kunang. Alhasil, trip mancing yang kita bayangkan sebelumnya akan seru, berubah menjadi mimpi buruk.

Alasan ilmiah atas terjadinya mabuk laut adalah akibat tidak sinkronnya syaraf sensor keseimbangan yang ada dalam telinga dengan pandangan mata kita. Saat kapal bergoyang karena ombak, ketika itu pulalah gangguan keseimbangan terjadi. Keadaan  diperparah dengan rasa stres yang muncul dan merangsang hormon adrenalin  menjalari tubuh. Puncaknya adalah keluarnya isi perut akibat rasa mual yang luar biasa.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini. Dari beberapa tulisan yang dirangkum, ada 9 tips yang bisa dilakukan guna menghindari mabuk laut;

1. Langkah pertama adalah mempersiapkan kondisi fisik dengan baik sebelum memulai trip mancing. Istirahat dan olahraga yang cukup dapat membuat kondisi tubuh bugar dan siap untuk menjalani petualangan di laut.

2. Perut tidak boleh dalam keadaan kosong. Makanlah secukupnya sebelum berangkat, tapi jangan pula sampai kekenyangan.

3. Ada baiknya minum obat anti mabuk seperti yang banyak di jual di toko-toko obat. Namun tentunya ada efek sampingnya, yakni mengantuk. Dan bagi beberapa orang, obat ini malah mengakibatkan mual. Jadi pilihlah obat anti mabuk yang biasa digunakan atau setidaknya lewat petunjuk dokter.

4. Hindari aktifitas yang membuat otot mata bekerja ekstra seperti membaca, memainkan gadget atau membuat tali temali ikatan pancing. Memaksa mata bekerja ekstra dengan memandang jarak dekat merupakan salah satu penyebab mabuk laut.

5. Saat ketika mulai diserang mabuk laut duduk lah dengan tenang dibagian tengah kapal. Posisi ini adalah tempat yang paling sedikit terjadi goncangan karena ombak.

6. Cobalah berbaring dengan posisi kepala lebih rendah dari kaki. Hal ini akan membuat sirkulasi peredaran darah lancar dan membuat keseimbangan kembali pulih.

7. Jauhi ruang mesin, karena lokasi ini menimbulkan hawa solar yang membuat mual.

8. Pusatkan pandangan mata tertuju pada garis horizon bumi. Atau nikmati saja indahnya pemandangan alam. Lewat konsentrasi, ketidak seimbangan persepsi antara mata dan telinga dapat diatasi.

9. Siapkan obat oles seperti minyak angin, koyo, atau minumlah air beraroma jahe yang memiliki khasiat menyegarkan tubuh.

Selamat menikmati trip dan Melaut!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*