BMKG keluarkan peringatan dini banjir rob dan gelombang tinggi. Hati-hati angler!!

Para pemancing yang akan melaut pada beberapa hari mendatang diingatkan untuk mewaspadai kondisi gelombang dan cuaca di laut menyusul adanya peringatan dini yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat. Peringatan dini tersebut adalah akan adanya gelombang tinggi dan banjir rob.

Dr Yunus S. Swarinoto, Deputi Bidang Meteorologi – BMKG, mengatakan kondisi cuaca saat ini menunjukkan adanya indikasi peningkatan kecepatam angin timuran di sebagian besar wilayah perairan Indonesia, seperti Laut Jawa, Laut Flores, Laut Banda, Laut Arafuru dan perairan selatan Jawa.

Selain itu, demikian katanya dalam pernyataan pers yang dikeluarkan di Jakarta tertanggal 16 Juni 2016 dan dikutip tribunnews.com itu, adanya Pusat Tekanan Rendah di Laut Andaman dan di Samudera Hindia barat daya Lampung juga menjadi faktor pemicu tingginya gelombang laut sekitar Samudera Hindia barat Sumatera dan selatan Jawa.

Potensi gelombang tinggi diprakirakan akan terjadi hingga 2 hari ke depan dengan kategori sebagai berikut:

1.25 – 2.5m (Moderate Sea):
Selat Malaka bagian utara
Perairan Kep. Mentawai – PadangLaut Jawa bagian timur
Selat Makassar bagian selatan
Laut Flores
Laut Banda
Perairan Kep. Kai dan Aru
Laut Arafuruserta
Laut Timor

2.5 – 4.0 m (Rough Sea):

Perairan utara dan barat Aceh
Perairan Kep. Nias
Perairan barat Lampung
Selat Sunda bagian selatanserta
Perairan selatan Jawa hingga NTT.
4.0 – 6.0 m (Very Rough Sea) :

Laut Andaman
Perairan barat Kep. Mentawai
Perairan Kep. Enggano – Bengkulu
Samudera Hindia barat, Bengkulu hingga Lampung.

Dengan kondisi gelombang laut yang masih cukup tinggi tersebut, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan siaga terutama masyarakat pesisir dan masyarakat pengguna moda transportasi laut.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk mewaspadai adanya banjir rob yang berpotensi terjadi pada tanggal 19 – 23 Juni 2016 yang bertepatan dengan fase Bulan Purnama (Spring tide) serta adanya anomali positif tinggi muka laut di beberapa wilayah seperti: Belawan,dan Pantai utara Jawa.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam.melalui: call center 0216546315/18; http://maritim.bmkg.go.id; – follow @infobmkg; – atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Nah sobat pemancing, hati-hati ya kalau dalam beberapa hari mendatang ini berniat mancing. Semoga info ini bermanfaat untuk sobat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*