Rangkaian pancing koncer untuk mancing tengiri monster

Alat dan cara mancing ngoncer tengiri babon atau tengiri monster bisa saja berbeda antara satu pemancing dengan pemancing lainnya. Hal itu tergantung kebiasaan mancing si angler yang biasanya disesuaikan dengan kondisi perairan laut di mana mereka mancing. Pilihan teknik mancing yang berbeda menyebabkan pula pada perbedaan pemilihan peralatan yang digunakan untuk mancing ikan tengiri.

Pada artikel Cara sukses mancing ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dengan spun dan minow misalnya, telah dijelaskan cara mancing ikan tengiri  menggunakan spun dan minow dengan spot perairan laut selatan, khususnya di Pacitan.

Kali ini akan dibahas cara merangkai pancing untuk mancing ngoncer (teknik koncer) dengan target ikan tengiri dengan umpan mati. Cara mancing dengan teknik koncer atau ngoncer ini pernah penulis lakukan di perairan Gosong Pasir dekat Sea Mount Reef (SMR), sebuah gunung karang yang berada di perairan Lampung. Di spot mancing yang berjarak sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan dari SMR Lampung ini terdapat banyak target mancing, baik ikan dasaran maupun ikan palagis seperti giant travelly (FT), marlin, layaran,lemadang, tenggiri, tuna gigi anjing (dogtooth), kerapu jumbo wakung, kakap merah dan lain lain.

Alat mancing tengiri babon dengan cara ngoncer/teknik koncer

  • Joran pancing pilih dengan ukuran PE 4-6 atau di atasnya
  • Rel spinning ukuran 6000 ke atas
  • Senar atau line polyethyline (PE) 5 atau 6
  • Kawat nekelin ukuran 7 x 7 dengan kekuatan 100/150 lbs
  • Hook atau mata kail ukuran 0/8 atau 0/9

Cara mancing tengiri teknik koncer

Teknik koncer yang ketika diterapkan sering disebut ngoncer sangat pas diterapkan untuk mancing tengiri, misalnya di Gosong Pasir dan SMR mengingat ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan palagis, yang biasa berburu mangsa dan bergerombol di lapisan atas parairan laut. Tengiri selalu berpindah tempat sesuai kondisi perairan untuk mengikuti pergerakan ikan-ikan kecil yang menjadi mangsa ikan predator tersebut.

Meskipun tengiri bisa dipancing dengan berbagai teknik mancing seperti dasaran, troling,  jig cast, jigging ataupun dengan teknik popping, kali ini akan diulas cara mancing ikan tengiri dengan menggunakan umpan ikan yang biasa menjadi santapan tengiri seperti tembang dan kembung bahkan ikan-ikan yang berukuran sedang seperti tongkol dan lain-lain.

Lebih khusus lagi adalah cara merangkai pancing koncer untuk memancing tengiri dengan umpan ikan yang sudah mati. Memang, mancing tengiri dengan cara ngoncer paling afdol dilakukan dengan umpan hidup (live bait), namun karena kadang kita sulit mendapatkan ikan hidup, maka pengetahuan penggunaan ikan umpan mati sebagai umpan mancing ngoncer perlu dipahami agar kita bisa sukses strike meski tidak punya umpan ikan hidup. Ikan hidup yang biasa digunakan adalah tongkol kecil, salem, atau ikan kuwe dengan besaran 5 sampai 7 jari.

Alat mancing tengiri babon di SMR

  • Joran pancing pilih dengan ukuran PE 4-6 atau di atasnya
  • Rel spinning ukuran 6000 ke atas
  • Senar atau line polyethyline (PE) 5 atau 6
  • Kawat nekelin ukuran 7 x 7 dengan kekuatan 100/150 lbs
  • Hook atau mata kail ukuran 0/8 atau 0/9

Contoh rangkaian pancing dan neklin untuk mancing ikan tengiri teknik koncer.

Rangkaian pancing untuk mancing tengiri teknik koncer
Rangkaian pancing untuk mancing tengiri teknik koncer

Usahakan untuk set tackle semua sesuai mulai dari joran, reel, line.

Untuk pemakaian ranggung/grandong gunakan neklin kawat ukuran  0.7 mm /0.8 mm atau yang biasa di pakai untuk kawat popper.

Rangkaian grandong dari kawat neklin 0.8 mm

-Ranggung pengganti simpul T (kawat neklin yang berisi tiga swivel, di tengah untuk pemberat, pangkal dan ujung untuk di sambung ke leader dan senar utama) berfungsi untuk mengganti simpul T pada senar utama untuk meminimalis line break atau putus karna sambungan T sangat besar mengurangi kekuatan line atau senar.

Ranggung dengan 3 swivel

Untuk pemakaian kail bisa menggunakan 2,3 bahkan 4 rangkaian kail tergantung panjang umpan yang di pakai.

Cara memasang umpan ke rangakaian neklin untuk umpan tongkol mati atau layur

Kail di masukan kemulut ikan tongkol lalu keluarkan melalui insang, hingga tersisa satu kail yang paling belakang untuk di sangkutkan di mulut ikan tongkol, kemudian kail yang lain tancapkan di badan ikan tongkol usahakan tidak terlihat.

Untuk umpan layur mata kail tidak perlu di masukan ke mulut langsung di tancapkan ke badan ikan gunakan 3 atau 4 kail hingga memenuhi minimal 3/4 panjang layur.

Pemasangan kail koncer untuk ikan tongkol, salem, kuwe hidup tancapkan kail paling belakang rangkaian pada punggung belakang kepala ikan, usahakan jangan mengenai sirip supaya ikan tidak cepat mati, untuk umpan hidup bisa memakai 2 atau tiga kail tergantung panjang ikan, jika menggunakan 2 mata kail cukup satu yang di tancapkan di punggung ikan dan yang lain biarkan menggantung (bergerak bebas), jika menggunakan 3 mata kail tancapkan 2 kail ke badan ikan dan biarkan yang paling ujung menggantung, rangkaian ini untuk umpan yang berukuran panjang.

Untuk umpan hidup yang paling ampuh yaitu baby gt atau anak ikan kuwe berukuran 5 sampai 7 jari karna ikan ini sangat mengkilap di dalam air dan paling di sukai ikan tenggiri besar.

Cara memancing ikan tenggiri babon

Cara mancing tenggiri harus memperhatikan posisi arus, jika arus sejajar dengan angin, lurus kebelakang kapal umpan cukup di hanyutkan atau di lempar kebelakang kapal kira kira 20 sampai 30 meter di belakang kapal, jika lama tenggiri tidak menyambar umpan, cobalah gunakan pemberat kecil kira kira posisi umpan setengah air, atau bisa mencoba sampai dasar karna tenggiri besar kadang kala mencari makan hingga kedasar laut.

Hasil mancing tenggiri di SMR
Jika arus mati atau tidak sejajar dengan kapal bahkan arus bawah ke depan kapal gunakan botol air mineral sebagai pelampung sehingga umpan tidak lari ke depan kapal.

Setting drag untuk mancing tenggiri babon

Tenggiri babon diatas 12 kg memiliki tenaga sangat kuat dengan kecepatan berenang yang cepat, bahkan jika setting drag terlalu kuat senar ukuran PE 8 bisa meleduk bahkan joran bisa patah saat ikan tenggiri melakukan manuver secara mendadak, jadi setting drag kira kira 30 persen dari kekuatan line sehingga saat tenggiri melakukan manuver resiko putus sangat kecil, kelemahan tenggiri sendiri tidak mampu bertarung dalam tempo waktu yang lama.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*