Waspada ya, timah pemberat bisa sangat tak bersahabat

Timah pemberat adalah salah satu peralatan pancing utama, khususnya untuk mancing dasaran. Namun tahukah Anda bahwa timah atau timbal berbahaya bagi kesehatan. Karenanya, Anda perlu mengantisipasinya agar tidak timbul sesal di kemudian hari.

Timah sejatinya merupakan logam berat yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia karena bersifat racun. Racun dari timah ini dapat mengakibatkan kerusakan pada otak terutama pada sistim syaraf dan kerusakan pada ginjal.

Dalam kasus keracunan akut, kandungan timah bisa menyebabkan kematian. Jika kasus menimpa anak anak, hal itu bisa menyebabkan kerusakan fungsi mental yang berakibat anak menjadi idiot.

Karena, pastikan Anda menjauhkan timah dari jangkauan anak anak demi keselamatan dan kesehatan mereka. (Baca juga Cara memilih bandul atau pemberat untuk mancing).

Berdasarkan referensi yang ada, salah satu kehancuran bangsa Romawi adalah mereka menggunakan timah sebagai perabotan rumah sehari-hari yang menyebabkan mereka terkontaminasi logam berat ini dan mereka pun keracunan akut.

jenis-jenis-timah-pemberat-pancing

 

Berikut ini tips untuk mencegah keracunan timah bagi pemancing:

  • Cuci tangan Anda setelah memegang timah pemberat sebelum makan maupun merokok.
  • Bila tangan Anda terluka jangan pernah memegang timah secara langsung tanpa menggunakan sarung tangan.
  • Bila sobat angler mencetak timah pemberat sendiri, selalulah menggunakan masker karena uap timah yang dicairkan dapat membuat kita keracunan.

Di Indonesia, mungkin masih sangat jarang ditemukan kasus keracunan timah, namun di luar negeri, timah pemberat sudah banyak diganti dengan bahan logam lain yang lebih ramah lingkungan seperti tungsten. Bahkan pemerintahan beberapa negara sudah melarang penggunaan timah pada peluru senjata api.

Timah adalah logam yang massa berat jenisnya paling berat setelah plutonium yang lebih berat ketimbang besi. Baru setelah itu disusul dengan tungsten yang sifatnya juga anti-karat.

Oleh karenanya para sobat angler, bijaksanalah dalam memakai pemberat timah demi kesehatan Anda dan keluarga. Pastilah, kesehatan jauh lebih penting dari sekadar melaksanakan hobi.

Semoga bermanfaat.24