Rumpon Atau Rompong Karang Buatan Untuk Rumah Ikan

Rumpon Atau Rompong Karang Buatan Untuk Rumah Ikan : Adalah suatu alat atau benda yang secara sengaja dipasang pada perairan baik itu sungai maupun laut yang berfungsi sebagai tempat tinggal ikan agar berkumpul dan mudah untuk ditangkap atau dipancing. Rumpon atau rompong dalam bahasa umumnya adalah rumah buatan untuk ikan atau karang buatan. Rumpon sudah lama dilakukan dan gunakan sebagai usaha perikanan oleh para nelayan kita.

Rumpon atau Rompong terdiri dari 3 jenis karakteristiknya yaitu rompong perairan dasar, perairan dangkal dan perairan dalam yang lebih dari 200m. Penggunaan rompong ini untuk di indonesia paling banyak terdapat di sulawesi daerah Mamuju dan Jawa Timur. Sedangkan di luar negri penggunaan rompong ini juga sangat populer seperti di Philipina, Papua Nugini,Jepang,Srilanka dan Australia.

Rumpon Atau Rompong Karang Buatan Untuk Rumah Ikan

Rumpon atau Rompong

Karang buatan ini sangatlah efektif dibuat untuk menangkap jenis ikan tertentu dari yang kecil hingga ikan besar, namun haruslah tau bagaimana membuatnya. Nah berikut ini ada sedikit informasi Cara Membuat Rumpon atau Rompong.

Bahan utama untuk pembuatannya adalah Tali / kawat ( untuk pengikat ) , Pelampung ( untuk penanda tempat tapi ada juga yang tidak menggunakan ini ) , Pemberat, batang kayu atau bambu dan pemikat. Nah pemikat disini yang paling umum digunakan adalah daun kelapa atau nyiur namun dari ban bekas juga bisa, adapun untuk model pembuatannya bisa sobat lihat pada gambar di atas atau di bawah ini.!

Rumpon Atau Rompong Karang Buatan Untuk Rumah Ikan

Rumpon atau Rompong Karang Buatan Untuk Rumah Ikan

Keuntungan memiliki rumpon ini sangatlah jelas sekali untuk meningkatkan hasil tangkapan karena di lokasi yang ada rumpon atau rompongnya banyak sekali ikan ikan yang akan berkumpul terutama sekali Jenis Ikan Pelagis.

Nah sobat angler sekalian demikianlah informasi tentang Rumpon Atau Rompong Karang Buatan Untuk Rumah Ikan ini semoga saja ada manfaat yang dapat sobat petik dari artikel tersebut,sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Advertisiment