Kenur braided atau disebut senar PE – plus minus

Kenur Braided Atau disebut Senar PE − Talipancing braid ini adalah kenur yang sangat kuat hampir tidak melar sama sekali ketika ditarik serta memiliki diameter amat kecil bila bandingkan dengan kenur atau talipancing mono pada kelas yang sama.

 

Kenur Braid dibuat dengan cara dijalin / anyam dari sekian puluh helai fiber menjadi 1 jalinan dan jalinannya itu selanjutnya dirajut lagi agar membentuk kenur braid seutuhnya. Perusahaan Dacron telah mengeluarkan kenur braided sebelum nylon ditemukan dan menjadi kenur yang digunakan paling banyak saat itu. Karakteristik braid Dacron ketika itu tidak tahan pada gesekan, kekuatan simpulnya lemah, diameternya besar dan tidak molor.

Kini penggunaan Dacron sebagai tali pancing telah menurun drastis kecuali mungkin para penggemar fanatiknya yang masih menggunakan.

Para angler yang menggunakan di tahap awal keberadaan kenur braid ini merasa sangat kecewa karena rendahnya kekuatan simpul yang dihasilkan dan warna yang buruk. Kini kekurangan itu telah diperkecil dengan adanya teknologi maju, kita mudah mendapatkan braided aneka warna yang gunanya untuk memperkirakan berapa meter kenur yang terulur dan kekuatan simpul nya yang jauh lebih baik serta kuat.

Di awal tahun 90an perusahaan Spectra, Kevlar dan Dyneema memasuki pasar kenur dunia dan menciptakan kenur braided yang kita kenal sekarang disebut dengan PE (Poly Ethylene). Kenur braid memiliki berat jenis sebesar 0.97 dan itu lebih kecil dari berat jenis air yang sebesar 1.0 sehingga ia mengambang di air. Kenur sintetis ini sangat kuat menurut uji coba lab mencapai 10x kekuatan tarik baja. Serabut fiber dijalin / anyam dengan pola tertentu dan memakan waktu yang cukup lama pada saat pembuatannya, namun hasilnya jelas menjadi segulung kenur tipis bila dibandingkan dengan kenur Mono dengan kekuatan yang sama, sangat sensitif karena tidak bisa molor sama sekali dan relatif mahal.

Sekarang bermacam jenis kenur braid yang dijual dan kenur tersebut dibedakan dari cara perajutannya pelapisan dan pewarnaan. PowerPro, Spiderwire dan kebanyakan merk lain dirajut dengan model 4 rajutan. Setiap rajutan terdiri dari kurang lebih 50 helai fiber yang amat halus, ada juga beberapa merk yang menggunakan 8 bahkan 16 rajutan. Jelas sekali yang 8 dan 16 rajutan harganya jauh lebih mahal daripada yang 4 rajutan karena lebih kuat dan tahan. Sebagai contoh Blackwater SuperBraid (16 rajutan) 1200yrd 50lb dibandrol seharga $889 dibandingkan dengan yang 4 rajutan untuk kelas dan panjang yang sama hanya $250.

Kenur kenur braided ada juga yang diberi pelapis biar lebih tahan terhadap gesekan. Contohnya Ripcord Si dilapisi silicon tipis sedangkan Ripcord dan Spiderwire tidak dilapisi apa apa. Untuk pewarnaan banyak kenur braid yang hanya 1 warna tapi ada juga kenur braid dengan 5 atau 6 macam warna setiap panjang 10m – 20m, sangat berguna untuk mengetahui berapa panjang kenur yang telah keluar dari reel kita.

KELEBIHAN KENUR BRAID

Seperti yang telah kita bahas di atas kalau kenur ini tidak molor sama sekali sehingga memberikan keuntungan bagi para pemancing karena dapat mendeteksi getaran halus di kenurnya saat umpan dimakan dan meningkatkan persentase ikan terkait dengan sempurna. Keuntungan lainnya dari kenur ini adalah kekuatan ikatan simpulnya yang kuat bila dibandingkan dengan kenur lain. Efek memory pada kenur superlines juga lebih kecil dibandingkan yang lain.

KEKURANGAN KENUR BRAID

Kelemahannya adalah sifatnya yang menyerap air dan harganya yang mahal dibanding kenur lainnya.

Kapan kita menggunakan braided ?

Karena diameternya kecil maka reel bisa diisi lebih banyak kenur jadi pemancing yang sering beraksi di laut dalam biasanya menggunakan kenur Braid.

Jika anda terpaksa harus sering gonta ganti kenur karena cacat sering tergesek karang atau lainnya maka kenur Braided bisa menggantikannya.

Sifatnya yang nyaris tidak molor maka sentuhan ringan pada umpan akan langsung terasa dijoran anda, namun harus juga diingat sensitifitas ini seperti pisau bermata dua. Jika memancing di tempat yang diperkirakan banyak ikan besarnya maka penggunaan braid harus dikombinasikan dengan shock leader, yang dapat mengurangi kemungkinan patahnya joran saat dihentak ikan besar.

Yang perlu diingat jika kita menggunakan Braid adalah :

  • Joran haruslah yang menggunakan minimal kolongan / guide Fuji.
  • Jangan pernah menarik kenur dengan joran bila tersangkut. Alas tangan dengan kain sebelum mengikatkan’ kenur ke tangan untuk menariknya sampai lepas, atau putus.

Demikianlah artikel Kenur Braided Atau disebut Senar PE kali ini semoga sobat angler sekalian mendapatkan manfaat informasinya dan sampai jumpa lagi di lain waktu