Mancing ikan nila di sungai

Untuk ikan nila, umumnya suka di lokasi yang airnya lebih tenang dan banyak terdapat tumbuhan air ataupun tumbuhan darat yang masuk ke air. Lokasi ini sangat digemari ikan nila. Ikan nila juga suka dengan lokasi yang airnya agak memusar dengan gerakan lambat. Tips penting dalam memilih lokasi ikan nila di sungai adalah ikan nila suka dengan lokasi di tepian sungai, tidak di tengah, meskipun terkadang ada sebagian ikan nila yang di tengah sungai, tapi ini  sangat jarang. Jadi jika agan hendak menacing ikan nila di sungai, perhatikan tips-tips tersebut.

Tips Memeilih Senar Pancing dan Teknik Mancing untuk Ikan Nila di Sungai

Info yang dapat kami berikan terkait dengan tips memilih senar pancing dan info teknik mancing ikan nilai di sungai tidak jauh beda dengan ikan tawes di sungai. Ikan nila di sungai memiliki ukuran kisaran 3 jari sampai 8 jari tangan dengan bobot kisaran 1 – 5 ons. Memancing ikan nila di sungai agar enak merasakan sensasi strike adalah dengan joran pole / tegek dengan panjang kisaran 270 cm – 360 cm. Joran tegek bisa dipilih yang fiber murah saja (tapi berkualitas bagus) seperti joran pancing Centro Gemini ros panjang, joran pancing Tornado Virgo ros pendek atau panjang, atau joran pancing Orca TJL. Apabila agan menghendaki joran Carbon, maka bisa dipilih yang merek-merek Blood, Sabpolo, dan lainnya.

Senar pancing yang tipis tapi super kuat, lentur dan murah tetap menjadi pilihan utama, yaitu senar pancing Orca Hoshino 50 m (murah) dan senar pancing Ogawa Qianliu 100m (sedikit lebih mahal) dengan ukuran 0,14-0,16 mm. Dua senar pancing tersebut sangat tipis, lembut, dan lentur dibanding dengan senar pancing umum yang seukuran, dengan kekuatan 1,25 x lebih kuat dari senar pancing umum yang mahal-mahal. Senar pancing tipis dan lentur tetap menjadi pilihan terbaik sebab ikan nila menjadi lebih mudah menghisap makanan dan kail mudah masuk ke mulut ikan nila. Ini adalah info tips yang penting dalam memancing ikan nila di sungai. Alternatif senar pancing murah tapi sangat ulet / super kuat lain adalah senar pancing Orca Eagle 50 m atau senar pancing Redwolf Torsion 0,17 mm (lentur, panjang, sedikit lebih mahal). (untuk mendapatkan senar-senar pancing kualitas super teruji di lapangan tapi sangat murah tersebut bisa klik disini gan).

Tips Memilih Kail untuk Memancing Ikan Nila di Sungai

Untuk Ikan nila berukuran kisaran 3 jari tangan ke bawah, bisa digunakan kail berukuran 3-4.
Untuk ikan nila berukuran kisaran 4 jari tangan bisa digunakan kail berukuran 5-6.
Untuk ikan nila berukuran kisaran 5 jari tangan, bisa digunakan kail ukuran 7-8 .
Untuk ikan nila berukuran kisaran > 5 jari tangan, bisa digunakan kail berukuran 9.

Tips Cara Pemberian Umpan dan Jenis Umpan untuk Mancing Ikan Nila di Sungai

Jenis umpan mancing ikan nila disesuaikan dengan kondisi air di sungai saat memancing. Tips utama pemberian umpan untuk memancing ikan nila juga berdasarkan kondisi aliran air dan warna air sungai.

Pada musim penghujan, jika aliran air sungai tak begitu deras dan dapat ditemukan pinggiran sungai yang airnya agak tenang, hanya sedikit aliran air atau ada sediit gerakan air memutar atau membalik, maka umpan lumut asli dan pelet Udang Lumut serta pelet BP9 Produk STELLA paling tepat digunakan. Air sungai yang tenang tidak mudah menghanyutkan lumut sehingga hal ini menguntungkan pemancing. Umpan lumut asli akan menjadi jitu sekali jika kondisi air sungai relatif bening, yaitu sekitar lebih dari 3 hari pasca banjir di sungai, akan tetapi terkadang umpan lumut kurang jitu jika warna air cukup keruh atau kecoklatan. Dalam kondisi musim panas dan air sungai yang diam, banyak terdapat lumut dilam air, sehingga memancing dengan umpan lumut di musim panas kurang efektif, dan lebih efektif menggunakan pelet BP9 produk STELLA.

Pada musim penghujan, khususnya pasca banjir atau pasca air tinggi yang kurang dari 3 hari, umumnya air masih keruh dan aliran air secara umum masih deras. Dalam kondisi ini, umpan yang terbaik adalah cacing merah dan pelet BP9 produk STELLA dicampur dengan essen amis-amis. Umpan cacing merah ini jitu untuk memancing ikan nila pada air keruh dan kondisi dimana rata-rata air mengalir deras. Memancing ikan nila dengan umpan cacing merah dan pelet BP9 produk STELLA ini tetp dilakukan dengan mencari lokasi yang aliran airnya paling tenang, atau agak memutar.

Penggunaan BOM umpan dapat dilakukan pada lokasi dimana air sungai dianggap cukup tenang. Bom umpan ini dilakukan dengan memasukkan lumut atau pelet BP9 produk STELLA ke dalam karamba lumut, kemudian diberikan batu yang agak besar sebagai pemberat. Karamba yang berisi lumut atau pelet BP9 produk STELLA tersebut dimasukkan dalam air, dan setiap 1 menit digerak-gerakkan perlahan agar lumut-lumut halus dan pelet keluar dari karamba sedikit demi sedikit sehingga mengundang ikan nila untuk bergerombol di tempat bom umpan tersebut. Tips penggunaan bom umpan untuk memancing ikan nila di sungai ini sangat penting, sebab ikan nila adalah ikan yang bergerombol. Setelah ikan nila mengumpul di lokasi bom ikan, maka pemancing dapat meletakkan kail dan umpan di lokasi tersebut.

Penggunaan bom umpan untuk memancing ikan nila di sungai ini tidak efektif jika aliran airnya cukup deras, dan tidak ditemukan lokasi yang airnya relatif tenang. Untuk mendapatkan umpan ikan nila BP9 produk STELLA bisa klik di sini gan.

Peletakkan umpan di sungai jangan terlalu dangkal, akan tetapi buat umpan mencapai lokasi yang agak dalam atau dalam. Apabila air cukup bergelombang, maka ikan nila lebih suka di dasar sungai, sedangkan jika kondisi air cukup tenang makan ikan nila senang di lokasi yang tidak terlalu dalam. Ikan nila suka sembunyi di batang-batang dan daun tanaman air, sehingga meletakkan umpan di lokasi sekitar tanaman air ini cukup menghuntungkan bagi pemancing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*