Tips mancing di sungai pada musim hujan

Hampir di setiap kota terdapat sungai. Kalau Anda angler yang selalu haus tantangan, sungai (kecil maupun besar) selalu menyediakan tantangan baru hampir di setiap harinya. Derasnya arus, lebar dan kedalaman sungai tak selalu sama dari hari ke hari, apalagi pada musim hujan. Inilah tantangannya.

Lokasi, keberuntungan dan timing merupakan faktor penting untuk mancing sukses. Jika kurang mengenal sungai tempat mancing Anda, tak ada salahnya konsultasi terlebih dahulu dengan warga yang hidup di sekitar sungai untuk tips dan arahan terkait mancing di lokasi tersebut. Soal jenis serta kebiasaan ikan yang hidup di dalam sungainya, waktu yang tepat untuk mancing, umpan yang ideal, dsb. Namun secara umum, kita bisa gunakan tips berikut untuk sukses mancing di sungai pada musim hujan:

  1. Di manapun tempatnya, menghormati air dan para penghuninya adalah wajib bagi kita yang ingin mengeksplorasinya.
  2. Pilih lokasi yang airnya bagus (tidak terpolusi) dan jauh dari keramaian jalanan.
  3. Ikan sungai biasanya senang area yang arusnya tidak terlalu deras seperti di dekat-dekat batu besar, sampah kayu atau tumpukan batang bambu, dan dasar sungai.
  4. Menarik ikan besar yang memakan umpan kita di sungai tak selalu mudah. Untuk lebih gampangnya, cepat seret ikan yang sudah nancap di kail menuju bagian sungai yang dangkal dan tidak deras. Dengan begitu, perlawanan ikan akan lebih mudah di atasi.
  5. Untuk mancing ikan lele dan betutu (kembo) pilih lokasi yang airnya agak tenang, umumnya di tepian sungai, yang berlumpur, dan tidak berbatu. Sedangkan ikan sogo suka dengan aliran air yang agak deras sehingga biasanya bisa di temukan di tengah sungai.
  6. Ikan patin umumnya suka berada di lokasi sungai yang dalam, juga yang banyak tanamannya untuk tempat berlindung. Ia juga akan mudah dijumpai di sungai yang banyak ikan kecilnya, karena ikan ini juga ikan pemangsa.
  7. Ikan tawes suka bermain di aliran agak deras dan beriak. Perhatikan jika di tepi sungai ada tanaman yang batang atau daunnya masuk ke air, atau ada sampah yang nyangkut, biasanya ada gerombolan tawes di situ.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*