Cara memasang umpan lumut untuk nila

Salah satu umpan termudah untuk memancing nila adalah lumut, lumut yang bagus biasa terdapat di sumber-sumber mata air. Biasanya lumut di tempat tersebut panjang dan segar.

Bila ada populasi ikan sapu-sapu di spot mancing kita memang cenderung umpan akan didahului ikan sapu-sapu, apalagi bila populasinya tinggi. Bahkan dari pengalaman saya, pakai umpan pelet pun akan di dahului ikan sapu-sapu. Trik untuk mengurangi masalah tersebut adalah dengan mengatur mata kail jangan sampai menempel dasar kolam atau danau, usahakan mata kail dalam posisi menggantung karena ikan sapu-sapu cenderung memakan umpan di dasar atau yang menempel. Terus tambahkan sedikit serbuk vegeta rasa jeruk ke dalam lumut untuk merangsang ikan nila supaya cepat memakan umpan lumut tersebut.

Berikut ini cara untuk menggunakan lumut:

1. Kail dirangkai bersusun 4-6 mata kail, dengan jarak lebih kurang 1 cm
2. Lumut dimasukkan ember di tambah air
3. Pegang pegangan yang telah disediakan pada rangkaian mata kail
4. Rangkaian mata kail di putar dalam ember agar lumut tersangkut di kail
5. Mata kail di lempar ke air pada 1 titik di ulang (ngebom) maka ikan akan datang dengan sendirinya

Catatan : Lumut jangan terkena sinar matahari langsung karena menyebabkan lumut bisa busuk.

 

Cara termudah memasang umpan lumut adalah dengan memutar rangkaian di ember yang berisi lumut dan air. Untuk mempermudah proses tersebut rangkaian dapat di modifikasi dengan di beri pegangan. Dapat digunakan cotton bud yang di pasang di bawah kili-kili dan di batasi karet stoper baru kemudian mata kail yang bersusun. Bisa saja lumut di ikatkan (1 putaran simpul biasa) pada mata kail, tapi menurut saya cara tersebut kurang efektif.

Untuk cairan aroma perangsang dapat bermacam-macam aroma sesuai kesukaan (biasa tersedia di toko-toko perlengkapan memancing). Kalau saya biasa melihat suhu daerah memancing.

a. Daerah pegunungan (dingin): biasanya saya pakai vegeta rasa jeruk / nutri sari.
b. Daerah panas dan sedang: biasanya saya pakai cairan perangsang aroma pisang, pandan, dan durian.

Untuk takaran : 1 ember cat 5 kg dapat diberi 2/3 tetes cairan perangsang, atau 1/16 sampai 1/4 sachet vegeta/nutrisari. (Atur kapasitas perangsang supaya aroma jangan terlalu menyengat).

Rangkaian mata kail untuk umpan lumut:

Untuk rangkaian kail gunakan benang nylon supaya mudah di sedot oleh ikan
Cotton bud merupakan pegangan untuk memutar rangkaian di ember yang berisi lumut (dapat di modifikasi dengan rangkaian senar yang dililitkan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*