Resep umpan ikan bawal

Umpan jitu memancing bawal – Ikan bawal termasuk ikan buas, apa saja di makan.  Paling senang makan colek, tapi kadang pada jijik ya kalau bikin umpan colek.  Ada yang seneng pakai usus ayam, potongan daging sapi, Daging katak,  pokoknya macem macem.  Yang jelas buat mancing ikan bawal banyak ragamnya.

Dari beberapa pencarian di internet, spotmancing.com mengumpulkan beberapa racikan untuk memancing ikan bawal yang susah makan untuk galatama ataupun harian di kolam atau di waduk.

Beberapa kumpulan bahan dan resep umpan untuk memancing ikan bawal :

1. Kelomang / keong laut ( Cangkang dan Capit dibuang , ambil bagian jeroannya

2. Tahu / Tempe

3. Kue Cucur

4. Roti tawar tanpa kulit

5. Cacing Kalung

6. Ikan Cere/ guppy Laut

7. Anak ikan Mas

8. Anak kodok

9. Ulat Daun Pisang

10. Yuyu/ Kepiting Sawah

11. Laba-laba

12. Jangkrik ( dibakar pakai korek gas sebelum dilempar ke kolam )

13. Kepompong Capung

14. Irisan Buah Pisang

15. Irisan Buah Kelapa sawit (yang sdh matang )

16. Irisan Buah Nangka

17. Irisan Buah Jambu Biji Merah

18. Irisan buah Mangga Kweni

19. Irisan buah Kelapa Muda

20. Potongan Daging ikan Salmon

21. Keong Sawah (Cangkang dan Daging dibuang , ambil bagian kotoran / jeroannya saja )

23. Resep Umpan : upil

Cara membuat dan memasang umpan : Upil terbuat dari kacang mede atau mete cara buat : 1/2 kg kcaang mede,1/4 kacang kenari,1/4 kacang almond beli di toko bahan kue saja di tambah wisman 3 sndk makan dan ovalet 1/2 toples kecil tempat seperti blueband.semua kacang di sangrai lalu di blender hingga halus,lalu di ulek hingga dapat di buat seperti pelet lallu campur wisman dan ovalet tadi. bisa di tambahkan essen beef/tenggiri sedikit saja (5 s/d 7 tetes) lalu di buat bulat sebesar kc g sukro dan tancapkan di ujung mata kail.namun kita harus perlu jemper untuk mengumpulkan ikan dan jarak lempar.jemper terbuat dari kacang tanah yg di sangrai lalu blender kasar saja agar ketika di lempar cepat buyar dalam air.

24. Resep Umpan : Sasak Ikan Mas

Bahan : ikan mas yang berukuran 1kg 2ekor/ 3ekor, bersihkan dari sisiknya lalu kukus dengan daun salam dan daun pandan secukupnya. dan 1 batang sereh. kukus ikan selama 15 menit paling lama 25menit. lalu pisahkan daging dengan kulitnya,buang seluruh durinya. setelah daging terpisah usahakan menggunakan 2 baskom ketika akan memancing 1 utk tmpt ikan 1.untuk mencuci tangan . gunakan matakail no 5 s/d 6. tancapkan daging ikan di matakail dengan cara di sisir hingga mengumpul,bukan di pulung seperti pelet.makanya kita sebut sasak.gunakan benang ukuran 0,25 s/d 0,26 ini di perlukan agar lemparan dapat jauh hingga blower jika jarak lemparnya jauh.lemparan pertama dan ke dua harus anda buang untuk mengumpulkan ikan,nah lemparan ketiga tunggu sampai ada strike. jika sudah ada strike maka umpan ini akan membuat tetangga kiri kanan cuma menonton anda mancing dan kehebatan umpan ini ikan yang makan mulai dari yg kecil sampai babon impian pun bisa kita dapatkan. mohon jangan sampai terlambat menggentak karna sedikit gerakan benang ikan sudah makan umpan kita

25. Resep Umpan : Nasi bejek

Umpan babon bawal nasi bejek”

jika pemancingan/kolan tidak melarang umpan nasi sama juga dengan umpan cendil. kita akan berlomba dengan meracik essen untuk umpan tersebut.

Cara membuat dan memasang umpan : Ambil plastik ukuran setengah kilo lalu masukan nasi setengah saja dari ukuran plastik tersebut. usahakan nasi dalam keadaan hangat agar tidak lengket dan mudah di bejek masukan seperempat santan kara bungkus kecil ,setelah di bejek lembut hingga tidak ada butiran nasi lagi
lau teteskan essen tenggiri min 3 tetes maximal 7 tetes jangan lebih karna jika baunya menyengat bawal babon tidak sempat makan setelah ramuan di bejek rata umpan siap di gunakan,usahakan menggunakan mata kail no 6 s/d 7 ,buatlah pulungan atau lontongan seperti membuat umpan pelet lalu benamkan mata kail hingga tidak terlihat,usahakn pemasangan tetap dalam plstik umpan tadi tanpa tersentuh tangan karna di takutkan anda merokok hingga umpan berbau rokok tentunya bawal tidak akan makan. selamat mencoba usahakan umpan di buat dalam pulungan besar tiap ingin di umpankan agar yang kita nanti adalah babon bukan ikan rame,seukuran jempol tangan minimal max jempol kaki. biasnya paling kecil ikan berukuran 9ons.

Ingat umpan jangan terlalu menyengat baunya jika memang anda bersabar menanti babon yg makan.

Selamat mencoba racikan dan bahan membuat umpan untuk ikan bawal